Mata kuliah ini secara umum dirancang agar mahasiswa mampu memproyeksikan konsep dasar perilaku, teori perilaku, analisis perilaku
kesehatan dan self assesment skill yang meliputi Konsep perilaku kesehatan;
Determinan perilaku kesehatan; Survei pengamatan perilaku; Teori L. Green,
Teori HL. Bloom, Teori Reasoned Action, Health Belief Model, Social
Cognitive, The Substances Use Theory, Teori Anderson, Theory reaction action
& Theory Plan Behaviour; penilaian dan evaluasi perubahan perilaku; dan
capacity building.
Mata kuliah ini secara umum dirancang untuk membantu mahasiswa agar
mampu melaksanakan konsep kewirausahaan, mengembangkan inovasi produk, dan
menjual produk yang meliputi membangun mimpi dan mengejar cita-cita; memotivasi
diri sendiri; menjalankan usaha; mengembangkan inovasi dan menciptakan produk
dan layanan yang unggul; menetapkan inovasi dan menciptakan produk dan layanan
yang unggul; menjual produk kepada konsumen retail; serta ketegasan dalam aspek
produksi
Mata kuliah ini secara umum dirancang untuk membantu mahasiswa agar
mampu menjelaskan tentang latar belakang dan tujuan kewarganegaraan; identitas
nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia; konstitusi bagi
negara berdasarkan UUD 1945; perilaku konstitusional dalam hidup bernegara; hak
dan kewajiban warga negara secara seimbang; ketaatanegaraan berdasarkan UUD
1945 di perguruan tinggi; implementasi Pancasila dalam kebijakan negara; makna
Indonesia sebagai negara hukum;geopolitik dan geostrategi Indonesia;
Unsur-unsur ketahanan nasional Indonesia dan pendekatan astagatra dalam
pemecahan masalah; potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global;
perkembangan wilayah Indonesia dan dasar hukumnya; integrasi dalam masyarakat
Indonesia yang plural memilih, strategi integrasi yang tepat untuk masyarakat
Indonesia, dan melalui semboyan Bhineka Tunggal Ika.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar komunikasi, teknik wawancara, menggali informasi serta memberikan latihan mahasiswa untuk mengenali permasalahan yang ada di masyarakat. Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas dan di lahan praktik.
Mata kuliah ini secara umum dirancang agar mahasiswa
mampu mengaplikasikan kegiatan promosi kesehatan di pelayanan kesehatan,
kegiatan promosi kesehatan di keluarga/kelompok, kegiatan promosi kesehatan
di masyarakat, kegiatan promosi kesehatan di sekolah, kegiatan promosi
kesehatan di tempat umum yang meliputi prinsip dasar, tujuan, dan sasaran
promosi kesehatan di Rumah Sakit; prinsip dasar, tujuan, dan sasaran promosi
kesehatan di puskesmas; prinsip dasar, tujuan, dan sasaran promosi kesehatan di
keluarga/masyarakat; prinsip dasar, tujuan, dan sasaran promosi kesehatan di
masyarakat; Program promosi kesehatan di sekolah; Kemitraan dan promosi
kesehatan di sekolah; Konsep promosi kesehatan di tempat umum; karakteristik
program promosi kesehatan di tempat umum.
Mata kuliah ini secara umum dirancang untuk membantu mahasiswa agar mampu menelaah diagnosa komunitas, prioritas masalah, dan pemecahan masalah yang meliputi menentukan kebutuhan promkes dalam diagnosa masalah: diagnosa sosial, diagnosa epidemiologi, diagnosa perilaku dan lingkungan, diagnosa pendidikan dan organisasional; menentukan kebutuhan promkes dalam diagnosa masalah, menentukan kebutuhan promkes dalam menetapkan prioritas masalah berdasarkan status kesehatan masyarakat, pola pelayanan kesehatan masyarakat, hubungan antara status kesehatan dengan pelayanan kesehatan, determinan masalah kesehatan, menentukan kebutuhan promkes dalam menetapkan pemecahan masalah.