
KEPERAWATAN ANAK II TA 2021-2022
Mata kuliah keperawatan anak II ini adalah mata
kuliah keahlian keperawatan yang berfokus pada respon anak dan keluarganya pada
setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam
keadaan sakit kronis dan kondisi terminal serta kebutuhan khusus, di masyarakat
atau di rumah sakit serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri
maupun kolaboratif. Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu
keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan
mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan
professional (holistik), memberikan pendidikan
kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien dan keluarganya dengan
menerapkan komunikasi efektif serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan
legal dan etik. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian
kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan
konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah
serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft skill) melalui beberapa model
belajar yang relevan.
- Teacher: malisa ariani
- Teacher: Paul Paul Joae Brett Nito
- Teacher: umi hanik umi hanik

KEPERAWATAN KELUARGA TA 2020/ 2021
Fokus mata kuliah Keperawatan Keluarga adalah
pembahasan tentang konsep keluarga, kesehatan keluarga, konsep keluarga
sejahtera, asuhan keperawatan keluarga pada tiap tahapan perkembangan keluarga
yang meliputi pasangan keluarga yang baru menikah, keluarga yang menanti
kelahiran, keluarga dengan balita, keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga
dengan remaja, keluarga dewasa dan masalah-masalah keluarga yang terkait dengan
masalah kesehatan yang lazim di Indonesia. Kegiatan belajar meliputi ceramah,
diskusi dan pembahasan kasus.
- Teacher: Muhammad Arief Wijaksono
- Teacher: Angga Irawan
- Teacher: umi hanik umi hanik

STASE KEPERAWATAN JIWA GENAP 2020/2021
Praktik profesi keperawatan kesehatan jiwa merupakan tahapan program
yang menghantarkan mahasiswa ketika adaptasi profesi untuk menerima
pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan
jiwa yang diberikan kepada individu, keluarga, dan masyarakat baik yang
sifatnya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitative serta memberikan
pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan
legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan
keperawatan jiwa. Praktik profesi keperawatan kesehatan jiwa berfokus pada
penerapan asuhan keperawatan pada klien dengan masalah kesehatan jiwa dalam
konteks keluarga dan masyarakat melalui penerapan terapi modalitas keperawatan
- Teacher: malisa ariani
- Teacher: Subhannur Rahman
- Teacher: Rian Tasalim
- Teacher: umi hanik umi hanik

Keperawatan Maternitas I TA. 2020/2021
- Teacher: Winda Ayu Fazraningtyas
- Teacher: Dewi Pusparani Sinambela
- Teacher: Dini Rahmayani
- Teacher: zulliati zulliati

Psikososial & Budaya dalam Keperawatan TA.2020/2021
Mata kuliah ini merupakan konversi dari 3 mata kuliah kepribadian,
psikologi keperawatan dan social budaya budaya dalam keperawatan yang mencakup;
konsep diri, kesehatan spiritual, seksualitas, stres adaptasi dan konsep
kehilangan, kematian dan berduka. Konsep teoritis sosiologi dan antropologi
kesehatan yang mencakup pembahasan terkait kebudayaan secara umum, kebudayaan
rumah sakit, etiologi penyakit ditinjau dari kebudayaan dan persepsi sehat
sakit serta respon sehat sakit berbasis budaya. Selain itu juga memabahas
tentang konsep teoritis transkultural dalam keperawatan yang mencakup
perspektif transkultural dalam keperawatan, teori Leininger: culture care, pengkajian budaya dan
aplikasi keperawatan transkultural pada berbagai masalah kesehatan dan
sepanjang daur kehidupan manusia. Proses pembelajaran
dilakukan melalui metode Mini Lecture/ Project Based
Learning/ Simulation (pengabdian masyarakat) yang diterapkan secara Daring
dan Luring.
- Teacher: Rifa'atul Mahmudah
- Teacher: Sobirin Mohtar
- Teacher: Dini Rahmayani
- Teacher: Rian Tasalim

PENDIDIKAN ANTI KORUPSI (REG Kep) TA. 2020-2021 GANJIL
Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian
korupsi, ruang lingkup, bentuk-bentuk korupsi, pembentuk perilaku koruptif,
factor penyebab korupsi, dampak massif korupsi, nilai dan prinsip anti korupsi,
upaya pemberantasan korupsi, tindak pidana korupsi dalam peraturan perundang-undangan
di Indonesia, peran mahasiswa dalam gerakan anti korupsi serta peran perguruan
tinggi dalam menumbuhkan Budaya Anti Korupsi di Indonesia. Pendidikan anti korupsi sagatlah penting
disampaikan pada keilmuan kesehatan khususnya keperawatan, mengingat profesi
perawat selain melakukan pelayanan kesehatan juga wajib menjaga etika dan moral
yang sudah tertuang dalam kode etik keperawatan sehingga pertemuan selanjutnya
diarahkan ke sub pokok pembahasan yang lebih khusus pada keilmuannya dalam hal
ini Trend dan Isu Korupsi dalam Bidang Kesehatan, Korupsi dalam
Pelayanan Kesehatan Di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Korupsi dalam
Fasilitas Kesehatan dan Tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (clean governance and good government).
- Teacher: mahendra abdi
- Teacher: Sobirin Mohtar
- Teacher: R. Topan Aditya Rahman
- Teacher: fakhruddin razy

Falsafah dan Teori dalam Keperawatan
Mata kuliah ini berfokus kepada falsafah keperawatan yang menjadi pedoman utama bagi profesi ilmu keperawatan. Falsafah keperawatan merupakan nilai-nilai, keyakinan, dan cara pandang (paradigma) perawat terhadap fenomena yang menjadi fokus kajian utama yakni empat konsep dasar falsafah sering disebut metaparadigma keperawatan yaitu manusia , keperawatan, lingkungan dan sehat sehingga mahasiswa memahami klien sebagai manusia dalam rentang sehat-sakit. Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan teori ilmu keperawatan yang membantu mengantarkan mahasiswa untuk mendalami tentang konseptual model dan teori keperawatan, serta prinsip-prinsip pendekatan holistik dalam konteks keperawatan sehingga mampu menerapkan asuhan keperawatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan klien. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan paradigma, teori dan model keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan. Proses pembelajaran dilakukan melalui Student Centered Learning (SCL) : Discovery Learning, Contextual Instructions, Project Based Learning (PjBL), case study, Small Group Disscusion, mini lecture, simulation/role play/praktek laboratorium. |

Stase Keperawatan Medikal Bedah PS 20/21
Praktik profesi keperawatan medikal bedah program yang menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien anak dan keluarganya, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan pada orang dewasa. Praktik profesi keperawatan pada klien dewasa dalam konteks keluarga yang mengalami masalah pemenuhan kebutuhan dasarnya akibat gangguan satu sistem (organ) atau pun beberapa sistem (organ) tubuhnya

Stase Keperawatan Maternitas 20/21
Praktik profesi keperawatan maternitas dilakukan secara bertahap dimulai dari prenatal, intranatal dan post natal baik yang normal dan berisiko serta masalah-masalah pada sistem dan keluarganya.
Mata ajar ini mempunyai bobot 3 SKS. Lama pembelajaran adalah 4 minggu, termasuk proses evaluasi dengan perhitungan waktu minimal satu hari berdinas adalah 7 jam.
- Teacher: Onieqie Ayu Dhea Manto
- Teacher: Yunina Elasari
- Teacher: Winda Ayu Fazraningtyas
- Teacher: Dini Rahmayani
- Teacher: Cynthia Tjomiadi
- Teacher: umi hanik umi hanik

PENDIDIKAN ANTI KORUPSI (AJ III Kep) TA. 2020-2021 GANJIL
Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian
korupsi, ruang lingkup, bentuk korupsi, pembentuk perilaku koruptif,
factor penyebab korupsi, dampak massif korupsi, nilai dan prinsip anti korupsi,
upaya pemberantasan korupsi, tindak pidana korupsi dalam peraturan UU di Indonesia, peran mahasiswa dalam gerakan anti korupsi serta peran perguruan
tinggi dalam menumbuhkan Budaya Anti Korupsi di Indonesia. Pendidikan anti korupsi jugan sagat penting
disampaikan pada keilmuan kesehatan khususnya keperawatan, mengingat profesi
perawat selain melakukan pelayanan kesehatan juga wajib menjaga etika dan moral
yang sudah tertuang dalam kode etik keperawatan sehingga pertemuan selanjutnya
diarahkan pada trend dan isu Korupsi dalam Bidang Kesehatan, Korupsi dalam
Pelayanan Kesehatan Di Era Jaminan Kesehatan Nasional, Korupsi dalam
Fasilitas Kesehatan dan Tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Dengan itu diharapkan dapat
membentuk kualitas mahasiswa yang memiliki keluhuran akhlak dan tanggung jawab
moral serta social untuk mempraktekkan pola hidup tanpa korupsi. Proses pembelajaran ini dilakukan
melalui metode student centered learnig yang
diterapkan secara daring dan luring.
- Teacher: mahendra abdi
- Teacher: Sobirin Mohtar
- Teacher: R. Topan Aditya Rahman
- Teacher: fakhruddin razy

KONSEP DASAR KEPERAWATAN TA 2020/2021
Mata kuliah ini membahas tentang konsep caring sepanjang daur kehidupan manusia,
konsep pertumbuhan manusia, standar profesional dalam praktik keperawatan
termasuk etika keperawatan dan aspek legal dalam praktik keperawatan dan
pendokumentasian asuhan keperawatan

Keperawatan Medikal Bedah III (KMB III)
Keperawatan Medikal Bedah III adalah salah satu mata kuliah keahlian
keperawatan yang membahas pemenuhan kebutuhan klien
dewasa dengan gangguan sistem muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan
persarafan. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan sistem
muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan berdasarkan proses
keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi,
biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah,
ilmu penyakit dalam, farmakologi, bedah, nutrisi dan rehabilitasi. Gangguan
dari sistem tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative,
trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional
dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi
asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Modalitas
Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses
pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL),
Belajar Berdasarkan Masalah (BDM), dan praktik laboratorium.

Konsep Dasar Keperawatan
Mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa dengan konsep dasar keilmuan dari keperawatan berdasarkan teori keperawatan dan kode etik keperawatan

STASE KEPERAWATAN GERONTIK TA 2020/ 2021
Praktik profesi keperawatan gerontik merupakan
program yang mengahantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk menerima
pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan
profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada
klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian
terkini yang berkaitan dengan keperawatan gerontik. Praktik profesi keperawatan
gerontik berfokus pada klien usia lanjut dengan masalah kesehatan yang bersifat
aktual, resiko dan potensial serta untuk meningkatkan kualitas hidup klien.
Pembelajaran dilakukan dengan metode blended learning yaitu dengan
diskusi/ konsultasi tatap muka atau daring/ jarak jauh menggunakan media video
conference dan Learning Management System (LMS)
- Teacher: Muhammad Arief Wijaksono
- Teacher: Yunina Elasari
- Teacher: Angga Irawan
- Teacher: Subhannur Rahman

Pendidikan Pancasila
Mata kuliah ini membahas tentang Pancasila sebagai salah satu pilar
kebangsaan Indonesia, sebagai dasar negara dan ideologi nasional, dan sebagai
sumber rujukan dan inspirasi sebagai upaya menjawab tantangan kehidupan bangsa.
- Teacher: Dewi Wulandari

Keperawatan Medial Bedah III
Keperawatan Medikal Bedah III adalah salah satu mata kuliah keahlian keperawatan yang membahas pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan sistem muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, bedah, nutrisi dan rehabilitasi. Gangguan dari sistem tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative, trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Modalitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL), Belajar Berdasarkan Masalah (BDM), dan praktik laboratorium.
- Teacher: Onieqie Ayu Dhea Manto
- Teacher: Eirene Gaghauna

Komunikasi dalam Keperawatan II
Mata kuliah ini adalah mata kuliah inti keperawatan yang berfokus mempelajari tentang prinsip-prinsip komunikasi terapeutik beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat untuk berbagai tatanan baik praktik klinis maupun komunitas.
Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep komunikasi terapeutik dengan klien, keluarga, kelompok khusus atau tenaga kesehatan lainnya dengan tahap-tahap komunikasi, menghadirkan diri dan tehnik – tehnik komunikasi yang tepat sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan. Proses pembelajaran dilakukan melalui Student Centered Learning (SCL) : Discovery Learning, Contextual Instructions, Project Based Learning (PjBL), case study, Small Group Disscusion, mini lecture, simulation/role play/praktek laboratorium.- Teacher: Rifa'atul Mahmudah
- Teacher: Subhannur Rahman
- Teacher: Dini Rahmayani
- Teacher: umi hanik umi hanik

Stage Keperawatan Dasar Profesi (KDP)
Praktik Keperawatan Dasar Profesi (KDP) merupakan bagian awal dari rangkaian proses pendidikan Ners tahap profesi yang
akan diikuti oleh seluruh mahasiswa pada tatanan klinik di rumah sakit. Kemampuan yang dicapai selama program ini akan
menjadi dasar kemampuan di mata kuliah tahap profesi selanjutnya. Setelah menjalani praktik KDP ini, mahasiswa diharapkan
mampu menentukan gangguan pemenuhan kebutuhan dasar, dan melaksanakan tindakan keperawatan untuk memenuhi
kebutuhan klien dan keluarga dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Keperawatan dasar profesi difokuskan
untuk mengasah kemampuan mahasiswa agar mampu bersikap dan bertindak sebagai perawat profesional. Kemampuan yang dimaksud adalah: kemampuan melakukan analisis gangguan kebutuhan dasar klien dan keluarga, bersikap caring di setiap
kesempatan memberikan asuhan keperawatan, membina hubungan interpersonal kepada klien dan keluarganya, memberikan
asuhan saat klien dan keluarga mengalami gangguan pemenuhan kebutuhan dasar. Pembelajaran dilakukan dengan metode
blended learning yaitu dengan diskusi/ konsultasi tatap muka atau daring/ jarak jauh menggunakan media video conference dan
Learning Management System (LMS).

Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Fokus mata kuliah ini membahas tentang asuhan keperawatan komunitas dan pembahasan yang terkait isu dan kecenderungan masalah kesehatan komunitas dalam konteks pelayanan kesehatan utama dengan penekanan pada peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan, area-area khusus dalam keperawatan komunitas sedangkan keperawatan komunitas memberikan pemahaman tentang asuhan keperawatan keluarga pada tiap tahapan tumbuh kembang keluarga dan masalah keluarga terkait masalah kesehatan yang lazim di Indonesia. Pembahasan tentang issue dan kecenderungan dalam keperawatan keluarga dengan penekanan pada upaya peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan.
- Teacher: malisa ariani
- Teacher: mohammad basit
- Teacher: Angga Irawan
- Teacher: umi hanik umi hanik

Kewirausahaan (Reguler Genap VI TA. 2019/2020)
Mata kuliah kewirausahaan ini bertujuan untuk pengenalan potensi diri untuk berwirausaha, mencari dan menciptakan peluang, merencanakan suatu usaha, mempelajari studi kelayakan dalam berwirausaha, evaluasi suatu berwirausaha, memahamai resiko yang akan terjadi dalam berwirausaha dan kegagalan wirausaha serta jalan ke luar dari kegagalan, dan
menjalin kemitraan dalam pengembangan usaha.
- Teacher: mohammad basit
- Teacher: Angga Irawan
- Teacher: Esti Yuandari