Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners
Course image Ilmu Dasar Keperawatan I TA. 2020/2021
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Mata kuliah ini  merupakan bagian dari kelompok ilmu alam dasar yang membahas tentang  konsep biologi, fisika, biokimia, gizi dengan memperhatikan lingkungan dan etika keilmuan, serta  konsep-konsep anatomi dan fisiologi manusia dalam mempertahankan homeostasis tubuh. Proses pembelajaran dilakukan melalui Mini Lecture/ Collaborative learning/ Project Based Learning/ Problem Based Learning/ Contextual Instruction / Simulation

Course image Biostatistik TA. 2020/2021
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Mata kuliah ini berfokus pada pemahaman tentang prinsip-prinsip statistik, tingkat-tingkat pengukuran, penyajian grafis, ukuran deskriptif dari ringkasan statistik, disperse dan asosiasi statistika inferensial, tes hipotesa dan aplikasi dalam menafsirkan literatur riset keperawatan.


Course image Komunikasi dalam Keperawatan II TA 2021-2022
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Mata kuliah ini adalah mata kuliah inti keperawatan yang berfokus mempelajari tentang prinsip-prinsip komunikasi terapeutik beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat untuk berbagai tatanan baik praktik klinis maupun komunitas.

Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep komunikasi terapeutik dengan klien, keluarga, kelompok khusus atau tenaga kesehatan lainnya dengan tahap-tahap komunikasi, menghadirkan diri dan tehnik – tehnik komunikasi yang tepat sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan. Proses pembelajaran dilakukan melalui Student Centered Learning (SCL) : Discovery Learning, Contextual Instructions, Project Based Learning (PjBL), case study, Small Group Disscusion, mini lecture, simulation/role play/praktek laboratorium.

Course image Keperawatan HIV-AIDS tahun 2021/2022
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Mata kuliah ini mempelajari tentang trend issue dan perilaku yang berisiko tertular/menularkan HIV AIDS, Pengkajian bio, psiko, sosial spiritual dan kultural; pemeriksaan fisik dan diagnostik; tanda dan gejala;, dan penatalaksanaan pasien dengan HIV AIDS, Prinsip hidup dengan ODHA, family centerd pada ODHA dan stigma pada ODHA, Prinsip komunikasi konseling pada klien dengan HIV/AIDS, Konseling pada klien dengan HIV/AIDS, Prinsip perawatan pada bayi dan anak penderita HIV AIDS atau dengan orang tua HIV AIDS, Asuhan keperawatan pada pasien terminal illnes (palliative care), Pengkajian spiritual dan kultural pada klien dengan HIV/AIDS dan long term care, Berbagai macam terapi komplementer.

Course image Promosi Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan (AJ)
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Mata kuliah ini membahas tentang konsep teoritis promosi kesehatan dan pendidikan kesehatan bagi klien, konsep dan teori belajar mengajar, konsep dan teori promosi kesehatan dan pengembangan program pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien.

Course image Keperawatan Komunitas I
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Fokus mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kesehatan dan keperawatan komunitas, program-program kesehatan/ kebijakan pemerrintah dalam menanggulangi masalah kesehatan prioritas di Indonesia, asuhan keperawatan komunitas dan pembahasan yang terkait isu dan kecenderungan masalah kesehatan komunitas.

Course image Keperawatan Medikal Bedah Profesi (KMB)
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Praktik profesi keperawatan medikal bedah merupakan program yang menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk dapat menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap ketika melakukan asuhan keperawatan profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalakan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan
keperawatan pada orang dewasa. Praktik profesi keperawatan medikal bedah mencakup asuhan keperawatan pada klien dewasa dalam konteks keluarga yang mengalami masalah pemenuhan kebutuhan dasarnya akibat gangguan satu sistem (organ) ataupun beberapa sistem (organ) tubuhnya. Setelah mengikuti proses pembelajaran klinik keperawatan medikal bedah mahasiswa diharapkan mampu memberikan asuhan keperawaan medikal bedah pada klien dewasa yang mengalami berbagai perubahan fisiologis dengan dan/atau tanpa gangguan struktur pada berbagai sistem organ tubuh (sistem pencernaan, perkemihan, pernafasan, endokrin, kardiovaskuler, hematologi, imunologi, muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori, persyarafan) dengan mengaplikasikan ilmu keperawatan dan medis dengan berbagai ilmu terapan lain yang terkait.

Course image KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA II TA 2021/2022
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah keperawatan jiwa 1. Dalam mata kuliah ini akan disampaikan kebaruan materi yang didapatkan dari beberapa seminar kesehatan jiwa kuliah pakar maupun temu ilmiah dengan topik bahasan tentang kebijakan organisasi profesi dalam pengembangan praktik keperawatan pencegahan kekambuhan pada ODGJ, asuhan keperawatan pada klien yang mengalami ganguan jiwa. Recovery dari gangguan jiwa dengan pendekatan holistik dan personcentered care merupakan fokus dalam mata kuliah ini, termasuk hubungan terapeutik secara individu dan dalam koteks keluarga dan penerapan terapi modalitas keperawatan dan konsep pencegahan kekambuhan pasien ODGJ. Asuhan keperawatan jiwa pada kelompok khusus serta pada klien pengguna NAPZA juga merupakan bahasan pada mata kuliah ini. Pengalaman belajar ini akan berguna dalam memberikan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan integrasi kepeerawatan jiwa pada area keperawatan lainnya

Course image Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis II Ta. 2022/2023
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang mempunyai masalah aktual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kegawatdaruratan dan kritis serta mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan gawat darurat dan kritis ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau kecacatan yang mungkin terjadi.


Course image Keperawatan Jiwa I Reguler
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep – konsep dan prinsip – prinsip serta trend dan isu kesehatan dan keperawatan jiwa. Dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang klien sebagai sistem yang adaptif dalam rentang respons sehat jiwa sampai gangguan jiwa, psikodinamika, terjadinya masalah kesehatan/ keperawatan jiwa yang umum di Indonesia. Upaya keperawatan dalam pencegahan primer, sekunder dan tertier terhadap klien dengan masalah psikososial dan spiritual merupakan focus dalam mata kuliah ini, termasuk hubungan terapeutik secara individu dan dalam koteks keluarga. Pengalaman belajar ini akan berguna dalam memberikan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan integrasi keperawatan jiwa pada area keperawatan lainnya.


Course image Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis I Ta. 2021/2022
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Mata kuliah ini akan membahas tentang prinsip-prinp teoritis dan ketrampilan klinis keperawatan tentang kegawatdaruratan terkait berbagai sistem pada individu sesuai tingkat usia manusia mulai dari bayi sampai dengan lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan kegawatdaruratan. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep kegawatdaruratan dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah.


Course image KEPERAWATAN ANAK II TA 2021-2022
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Mata kuliah keperawatan anak II ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus pada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sakit kronis dan kondisi terminal serta kebutuhan khusus, di masyarakat atau di rumah sakit serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif. Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan professional (holistik), memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien dan keluarganya dengan menerapkan komunikasi efektif serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan legal dan etik. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft skill) melalui beberapa model belajar yang relevan.


Course image KEPERAWATAN KELUARGA TA 2020/ 2021
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Fokus mata kuliah Keperawatan Keluarga adalah pembahasan tentang konsep keluarga, kesehatan keluarga, konsep keluarga sejahtera, asuhan keperawatan keluarga pada tiap tahapan perkembangan keluarga yang meliputi pasangan keluarga yang baru menikah, keluarga yang menanti kelahiran, keluarga dengan balita, keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga dengan remaja, keluarga dewasa dan masalah-masalah keluarga yang terkait dengan masalah kesehatan yang lazim di Indonesia. Kegiatan belajar meliputi ceramah, diskusi dan pembahasan kasus.

Course image STASE KEPERAWATAN JIWA GENAP 2020/2021
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners

Praktik profesi keperawatan kesehatan jiwa merupakan tahapan program yang menghantarkan mahasiswa ketika adaptasi profesi untuk menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan jiwa yang diberikan kepada individu, keluarga, dan masyarakat baik yang sifatnya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitative serta memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan jiwa. Praktik profesi keperawatan kesehatan jiwa berfokus pada penerapan asuhan keperawatan pada klien dengan masalah kesehatan jiwa dalam konteks keluarga dan masyarakat melalui penerapan terapi modalitas keperawatan

Course image Keperawatan Maternitas I TA. 2020/2021
Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners
Mata kuliah ini membahas tentang pelayanan profesional keperawatan dalam upaya meningkatkan kesehatan reproduksi sepanjang siklus daur hidup perempuan secara fisiologis, mulai dari perempuan usia subur, kehamilan, persalinan, bayi baru lahir, nifas hingga menopause yang meliputi aspek fisik dan psikologis yang menekankan pada upaya preventif dan promotive dengan pendekatan women-centered care dan peka budaya.