Mata kuliah ini secara umum dirancang untuk membantu mahasiswa agar mampu melaksanakan konsep dan teori advokasi, perencanaan advokasi, pendekatan dan strategi advokasi yang meliputi advokasi kesehatan di Indonesia; kebijakan publik terkait kesehatan, annggaran kesehatan, dan promosi kesehatan; pengembangan media advokasi; lobi dan negosiasi dalam advokasi kesehatan; metode advokasi: presenting, media advocacy, assosiated, demontration and campaign; langkah-langkah pendekatan dan strategi advokasi kesehatan; kemitraan dan jejaring sosial dalam advokasi kesehatan.
Mata kuliah ini dirancang untuk membantu siswa agar dapat membahas tentang konsep dasar demografi dan konsep kependudukan yang mendukung resolusi, tujuan, dan ruang distribusi demografi; Ukuran dasar teknik analisa; sumber data kependudukan dan komposisi (struktur penduduk); mortalitas, fertilitas, dan mobilisasi penduduk; dan penduduk, ketenagakerjaan, dan pembangunan.
Mata kuliah ini secara umum dirancang untuk membantu mahasiswa agar
mampu menjelaskan tentang system jaminan social nasional, system jaminan
kesehatan nasional dan BPJS, system rujukan BPJS, mekanisme pembayaran ke
fasilitas kesehatan, kendali biaya melalui pembayaran kapitasi, dan kendali
biaya melalui pembayaran DRG/CBG.
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep
dasar epidemiologi, konsep penyebab penyakit, ukuran-ukuran epidemiologi, dan
surveilans epidemiologi yang meliputi definisi, tujuan, dan macam-macam
epidemiologi; peran epidemiologi dalam kesehatan; keterpaparan dan kerentanan;
riwayat alamiah penyakit; Ukuran dasar epidemiologi; Ukuran frekuensi
epidemiologi; Ukuran kekuatan hubungan; Batasan dan langkah pengembangan
surveilans epidemiologi; dan Penyelidikan kejadian luar biasa (KLB).
Administrasi kebijakan kesehatan lebih mendalam tentang unsur administrasi kesehatan, penggarisan kebijaksanaan, pengambilan keputusan, kepemimpinan, penggerakan peran masyarakat dalam pengelolaan program-program kesehatan dalam pembangunan kesehatan, peraturan atau perundangan dibidang kesehatan dan manajemen kesehatan serta pembiyaan kesehatan atau asuransi kesehatan.
Mata kuliah ini secara umum dirancang untuk
membantu mahasiswa agar mampu melaksanakan konsep dasar pemasaran sosial,
strategi pemasaran sosial kesehatan, dan evaluasi pemasaran sosial yang
meliputi pengertian dan bauran pemasaran; identifikasi sasaran, pengembangan
produk, promosi, dan evaluasi pemasaran sosial; Ide-ide promosi kesehatan;
Riset pasar pemasaran sosial; Pengembangan Produk; Uji coba strategi pemasaran
sosial; Evaluasi pemasaran sosial.