MK. Metodologi Penelitian ini memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk dapat menyusun penelitian Skripsi. Selama mengikuti MK, seluruh mahasiswa disarankan sudah memiliki topik penelitian, sehingga pada saat masuk dalam proses pembelajaran, mahasiswa dapat langsung mengacu pada topik penelitiannya masing-masing. Di akhir pembelajaran, masing-masing mahasiswa akan membuat projek berupa Proposal Penelitian.
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian
memberikan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaarutan obstetri dan kelainan ginekologi dengan
berperilaku professional, beretika dan bermoral serta tanggap terhadap nilai sosial budaya dalam
praktik kebidanan. Melaksanakan praktik kebidanan dengan berpedoman pada standar profesi, kode
etik kebidanan dan undang-undang/peraturan yang berlaku. Mampu memberikan asuhan kebidanan
secara efektif, aman, dan holistik dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin,
nifas, menyusui, bayi baru lahir, berdasarkan standar praktek kebidanan dan kode etik profesi.
Mampu memberikan penanganan kegawatdaruratan sesuai dengan kewenangannnya pada kasus
obstetri, melakukan kolaborsi dan rujukan pada kasus yang memerlukan penanganan di
luar kewenangannya, mampu mengevaluasi tindakan kegawatdaruratan
kebidanan dan melakukan rujukan.
Setelah mengikuti pembelajaran ini diharapkan mahasiswa mampu memahami keadaan
kesehatan bayi dan anak balita Indonesia, upaya promosi dan preventif serta penatalaksaan anak
sakit sesuai wewenangnya. Topik-topik yang dibahas meliputi : tumbuh kembang bayi dan
anak, kebutuhan masalah kesehatan bayi dan anak sehat maupun sakit serta
penatalaksanaannya.
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memahami tentang manajemen dan kepemimpinan dalam pelayanan kebidanan sebagai pedoman dalam menjalankan peran pengelola pelayanan kesehatan.