Mata kuliah ini secara umum dirancang untuk membantu mahasiswa agar
mampu melaksanakan praktik pengumpulan data kesehatan di masyarakat, praktik
pelaksanaan promosi kesehatan di masyarakat, aplikasi kerja sama lintas program
dan lintas sektor di masyarakat dan praktik evaluasi promosi kesehatan di
masyarakat yang meliputi Praktik pengumpulan data kesehatan secara kuantitatif
dan kualitatif di masyarakat; Praktik perencanaan promosi kesehatan di
masyarakat (meliputi perencanaan input, proses, output, dan outcome); Praktik
pelaksanaan promosi kesehatan di masyarakat (meliputi empowerment, social
support, advokasi); Aplikasi kerja sama lintas program dan lintas sektor di
masyarakat; Praktik evaluasi promosi
kesehatan di masyarakat (meliputi pemantauan dan feedback kegiatan).
Mata kuliah ini secara umum dirancang untuk membantu mahasiswa agar mampu mendukung penerapan promosi kesehatan di pelayanan kesehatan, penerapan promosi kesehatan di keluarga/kelompok, penerapan promosi kesehatan di masyarakat, penerapan promosi kesehatan di sekolah dan tempat umum yang meliputi penentuan tujuan dan sasaran promosi kesehatan di Rumah Sakit; pemilihan tempat dan kesempatan promosi kesehatan di Rumah sakit; pelaksanaan materi promosi kesehatan di Rumah Sakit; penentuan tujuan dan sasaran promosi kesehatan di puskesmas; pemilihan tempat dan kesempatan promosi kesehatan di puskesmas; pelaksanaan materi promosi kesehatan di puskesmas; penentuan tujuan dan sasaran promosi kesehatan di keluarga/ masyarakat; pemilihan tempat dan kesempatan promosi kesehatan di keluarga/ masyarakat; pelaksanaan materi promosi kesehatan di keluarga/masyarakat; penentuan tujuan dan sasaran promosi kesehatan di masyarakat; pemilihan tempat dan kesempatan promosi kesehatan di masyarakat; pelaksanaan materi promosi kesehatan di masyarakat; penentuan program promosi kesehatan di sekolah; membangun kemitraan dalam promosi kesehatan di sekolah; pelaksanaan komponen promosi kesehatan sekolah; penerapan konsep promosi kesehatan di tempat umum; pengukuran efektifitas program promosi kesehatan di tempat umum.
Mata kuliah ini secara umum dirancang untuk membantu mahasiswa agar mampu memproyeksikan konsep pengembangan teknologi tepat guna promosi kesehatan, rancangan pengembangan teknologi tepat guna promosi kesehatan, dan ujicoba media promosi kesehatan yang meliputi konsep pengembangan pesan dan media promosi kesehatan; langkah-langkah pengembangan teknologi tepat guna promosi kesehatan; rancangan pengembangan teknologi tepat guna promosi kesehatan berdasarkan pesan utama dan jenis media promosi kesehatan; Uji coba teknologi tepat guna promosi kesehatan di berbagai tatanan.
Mata kuliah ini secara umum dirancang untuk membantu mahasiswa agar mampu mengonsepkan tentang konsep dasar pendekatan kualitatif, langkah-langkah pendekatan kualitatif, perancangan pendekatan kualitatif, dan instrumen pendekatan kualitatif yang meliputi konsep metode penelitian kualitatif; perbedaan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif; penentuan subjek penelitian; pengumpulan data kualitatif; analisis data kualitatif; perumusan fokus penelitian kualitatif; studi pustaka; pendekatan fenomenologi, studi kasus, antropologi, etnografi, dan grounded theory; instrumen utama dan intrumen pembantu penelitian; serta triangulasi data.
Mata kuliah ini menjelaskan pengantar penelitian kesehatan, langkah-langkah penelitian, perancangan penelitian kuantitatif, instrumen research, ethichal clearence dan informed consent yang meliputi batasan penelitian kuantitatif; mengidentifikasi masalah; menetapkan tujuan dan manfaat penelitian; merumuskan kerangka konsep penelitian; Rumusan masalah; metode penelitian survei; metode penelitian eksperimen; Literature review (tinjauan teoritis); metode pengumpulan data kuantitatif; mengembangkan instrumen penelitian; uji coba instrumen (validitas dan reliabilitas); prinsip dasar dan kaidah etika penelitian; etika penelitian kesehatan; perilaku peneliti dan ruang lingkup penelitian; Plagiarisme dan HKI.