Kursus yang tersedia
Ingatkah Anda saat pelajaran Biologi di SMU dulu? Masih ingatkah Anda tentang anatomi tubuh manusia? Dalam dunia kesehatan, mempelajari anatomi fisiologi tbuh manusia sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dasar tubuh manusia. Jika kita berbicara tentang tubuh, .
Silakan mempelajari terlebih dahulu modul ini. Untuk semua Kegiatan Belajar dalam modul ini, sesuai dengan pembagian kelompok beserta submateri, silakan buat tayangan (MS Powerpoint Slideshow) dan jelaskan semudah mungkin kepada teman Anda yang lain (pembelajaran teori). Kemudian khusus untuk Kegiatan Belajar I, masing-masing kelompok buatlah poster tentang sel. Pada saat pertemuan pembelajaran, kelompok yang mampu menjelaskan paling cepat dan tepat akan menjadi pemenangnya (pembelajaran praktik). Ayo! Kelompok Anda harus menang!
Setelah mempelajari modul pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Memahami tentang prinsip dasar kebutuhan manusia
2. Menguraikan tentang kebutuhan fisik manusia
3. Menguraikan tentang kebutuhan dasar psikososial
Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk melaksanakan asuhan kebidanan pada masa nifas dan menyusui dengan pendekatan manajemen kebidanan yang didasari konsep-konsep, sikap dan keterampilan.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang mempunyai masalah aktual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kegawatdaruratan dan kritis serta mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan gawat darurat dan kritis ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau kecacatan yang mungkin terjadi.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang mempunyai masalah aktual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kegawatdaruratan dan kritis serta mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan gawat darurat dan kritis ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau kecacatan yang mungkin terjadi.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang mempunyai masalah aktual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kegawatdaruratan dan kritis serta mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan gawat darurat dan kritis ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau kecacatan yang mungkin terjadi.
Mata kuliah ini akan membahas tentang prinsip-prinp teoritis dan ketrampilan klinis keperawatan tentang kegawatdaruratan terkait berbagai sistem pada individu sesuai tingkat usia manusia mulai dari bayi sampai dengan lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan kegawatdaruratan. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep kegawatdaruratan dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah.
Mata kuliah ini akan membahas tentang prinsip-prinp teoritis dan ketrampilan klinis keperawatan tentang kegawatdaruratan terkait berbagai sistem pada individu sesuai tingkat usia manusia mulai dari bayi sampai dengan lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan kegawatdaruratan. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep kegawatdaruratan dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah.
Mata kuliah ini akan membahas tentang prinsip-prinp teoritis dan ketrampilan klinis keperawatan tentang kegawatdaruratan terkait berbagai sistem pada individu sesuai tingkat usia manusia mulai dari bayi sampai dengan lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan kegawatdaruratan. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep kegawatdaruratan dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan
perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang
mempunyai masalah aktual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak
dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat
dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kegawatdaruratan dan kritis
serta mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan gawat darurat dan
kritis ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau
kecacatan yang mungkin terjadi.
Mata kuliah ini akan membahas tentang prinsip-prinp teoritis dan ketrampilan klinis keperawatan tentang kegawatdaruratan terkait berbagai sistem pada individu sesuai tingkat usia manusia mulai dari bayi sampai dengan lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan kegawatdaruratan. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep kegawatdaruratan dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah.
Mata kuliah keperawatan anak II ini adalah mata
kuliah keahlian keperawatan yang berfokus pada respon anak dan keluarganya pada
setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam
keadaan sakit kronis dan kondisi terminal serta kebutuhan khusus, di masyarakat
atau di rumah sakit serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri
maupun kolaboratif. Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu
keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan
mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan
professional (holistik), memberikan pendidikan
kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien dan keluarganya dengan
menerapkan komunikasi efektif serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan
legal dan etik. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian
kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan
konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah
serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft skill) melalui beberapa model
belajar yang relevan.
Mata kuliah keperawatan anak II ini adalah mata
kuliah keahlian keperawatan yang berfokus pada respon anak dan keluarganya pada
setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam
keadaan sakit kronis dan kondisi terminal serta kebutuhan khusus, di masyarakat
atau di rumah sakit serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri
maupun kolaboratif. Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu
keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan
mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan
professional (holistik), memberikan pendidikan
kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien dan keluarganya dengan
menerapkan komunikasi efektif serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan
legal dan etik. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian
kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan
konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah
serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft skill) melalui beberapa model
belajar yang relevan.
Fokus mata kuliah Keperawatan Keluarga adalah
pembahasan tentang konsep keluarga, kesehatan keluarga, konsep keluarga
sejahtera, asuhan keperawatan keluarga pada tiap tahapan perkembangan keluarga
yang meliputi pasangan keluarga yang baru menikah, keluarga yang menanti
kelahiran, keluarga dengan balita, keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga
dengan remaja, keluarga dewasa dan masalah-masalah keluarga yang terkait dengan
masalah kesehatan yang lazim di Indonesia. Kegiatan belajar meliputi ceramah,
diskusi dan pembahasan kasus.
Mata kuliah ini merupakan bagian dari kelompok ilmu alam dasar yang membahas tentang konsep biologi, fisika, biokimia, gizi dengan memperhatikan lingkungan dan etika keilmuan, serta konsep-konsep anatomi dan fisiologi manusia dalam mempertahankan homeostasis tubuh. Proses pembelajaran dilakukan melalui Mini Lecture/ Collaborative learning/ Project Based Learning/ Problem Based Learning/ Contextual Instruction / Simulation
Mata kuliah ini adalah mata kuliah inti keperawatan yang berfokus mempelajari tentang prinsip-prinsip komunikasi terapeutik beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat untuk berbagai tatanan baik praktik klinis maupun komunitas. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep komunikasi terapeutik dengan klien, keluarga, kelompok khusus atau tenaga kesehatan lainnya dengan tahap-tahap komunikasi, menghadirkan diri dan tehnik – tehnik komunikasi yang tepat sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan. Proses pembelajaran dilakukan melalui Student Centered Learning (SCL) : Discovery Learning, Contextual Instructions, case study, Small Group Disscusion, mini lecture, simulation/role play/praktek laboratorium.
Mata kuliah ini merupakan bagian
dari kelompok ilmu alam dasar yang membahas tentang konsep biologi, fisika, biokimia, gizi dengan
memperhatikan lingkungan dan etika keilmuan, serta konsep-konsep anatomi dan fisiologi manusia
dalam mempertahankan homeostasis tubuh. Proses pembelajaran dilakukan
melalui Mini Lecture/ Collaborative learning/ Project Based Learning/ Problem Based Learning/ Contextual
Instruction / Simulation
Mata kuliah ini berfokus pada pemahaman tentang prinsip-prinsip statistik, tingkat-tingkat pengukuran, penyajian grafis, ukuran deskriptif dari ringkasan statistik, disperse dan asosiasi statistika inferensial, tes hipotesa dan aplikasi dalam menafsirkan literatur riset keperawatan.
Mata kuliah ini mempelajari tentang trend issue dan perilaku yang berisiko tertular/menularkan HIV AIDS, Pengkajian bio,
psiko, sosial spiritual dan kultural; pemeriksaan fisik dan diagnostik; tanda dan gejala;, dan penatalaksanaan pasien dengan
HIV AIDS, Prinsip hidup dengan ODHA, family centerd pada ODHA dan stigma pada ODHA, Prinsip komunikasi konseling
pada klien dengan HIV/AIDS, Konseling pada klien dengan HIV/AIDS, Prinsip perawatan pada bayi dan anak penderita HIV
AIDS atau dengan orang tua HIV AIDS, Asuhan keperawatan pada pasien terminal illnes (palliative care), Pengkajian spiritual
dan kultural pada klien dengan HIV/AIDS dan long term care, Berbagai macam terapi komplementer.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep teoritis promosi kesehatan dan pendidikan kesehatan bagi klien, konsep dan teori belajar
mengajar, konsep dan teori promosi kesehatan dan pengembangan program pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien.
Fokus mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kesehatan dan keperawatan komunitas, program-program kesehatan/ kebijakan
pemerrintah dalam menanggulangi masalah kesehatan prioritas di Indonesia, asuhan keperawatan komunitas dan pembahasan yang terkait
isu dan kecenderungan masalah kesehatan komunitas.
Praktik profesi keperawatan medikal bedah merupakan program yang menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk dapat menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap ketika melakukan asuhan keperawatan profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalakan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan
keperawatan pada orang dewasa. Praktik profesi keperawatan medikal bedah mencakup asuhan keperawatan pada klien dewasa dalam konteks keluarga yang mengalami masalah pemenuhan kebutuhan dasarnya akibat gangguan satu sistem (organ) ataupun beberapa sistem (organ) tubuhnya. Setelah mengikuti proses pembelajaran klinik keperawatan medikal bedah mahasiswa diharapkan mampu memberikan asuhan keperawaan medikal bedah pada klien dewasa yang mengalami berbagai perubahan fisiologis dengan dan/atau tanpa gangguan struktur pada berbagai sistem organ tubuh (sistem pencernaan, perkemihan, pernafasan, endokrin, kardiovaskuler, hematologi, imunologi, muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori, persyarafan) dengan mengaplikasikan ilmu keperawatan dan medis dengan berbagai ilmu terapan lain yang terkait.
Keperawatan Medikal Bedah I adalah salah satu mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan pemenuhan kebutuhan oksigenasi, sirkulasi dan hematologi. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus dengan gangguan penapasan, kardiovaskuler dan hematologi berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik, seperti biologi, histologi, biokimia, anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan sistem meliputi gangguan akibat peradangan, kelainan degenerative, keganasan dan trauma yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan keperawatan. Intervensi keperawatan meliputi terapi modalitas keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL) dan Belajar Berdasarkan Masalah (BDM), dan praktek laboratorium.
Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah keperawatan jiwa 1. Dalam mata kuliah ini akan disampaikan kebaruan
materi yang didapatkan dari beberapa seminar kesehatan jiwa kuliah pakar maupun temu ilmiah dengan topik bahasan tentang
kebijakan organisasi profesi dalam pengembangan praktik keperawatan pencegahan kekambuhan pada ODGJ, asuhan
keperawatan pada klien yang mengalami ganguan jiwa. Recovery dari gangguan jiwa dengan pendekatan holistik dan personcentered care merupakan fokus dalam mata kuliah ini, termasuk hubungan terapeutik secara individu dan dalam koteks
keluarga dan penerapan terapi modalitas keperawatan dan konsep pencegahan kekambuhan pasien ODGJ. Asuhan keperawatan
jiwa pada kelompok khusus serta pada klien pengguna NAPZA juga merupakan bahasan pada mata kuliah ini. Pengalaman
belajar ini akan berguna dalam memberikan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan integrasi kepeerawatan jiwa pada area
keperawatan lainnya
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang mempunyai masalah aktual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kegawatdaruratan dan kritis serta mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan gawat darurat dan kritis ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau kecacatan yang mungkin terjadi.
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep – konsep dan prinsip – prinsip serta trend dan isu kesehatan dan keperawatan jiwa. Dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang klien sebagai sistem yang adaptif dalam rentang respons sehat jiwa sampai gangguan jiwa, psikodinamika, terjadinya masalah kesehatan/ keperawatan jiwa yang umum di Indonesia. Upaya keperawatan dalam pencegahan primer, sekunder dan tertier terhadap klien dengan masalah psikososial dan spiritual merupakan focus dalam mata kuliah ini, termasuk hubungan terapeutik secara individu dan dalam koteks keluarga. Pengalaman belajar ini akan berguna dalam memberikan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan integrasi keperawatan jiwa pada area keperawatan lainnya.
Mata kuliah ini akan membahas tentang prinsip-prinp teoritis dan ketrampilan klinis keperawatan tentang kegawatdaruratan terkait berbagai sistem pada individu sesuai tingkat usia manusia mulai dari bayi sampai dengan lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan kegawatdaruratan. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep kegawatdaruratan dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah.
Mata kuliah keperawatan anak II ini adalah mata
kuliah keahlian keperawatan yang berfokus pada respon anak dan keluarganya pada
setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam
keadaan sakit kronis dan kondisi terminal serta kebutuhan khusus, di masyarakat
atau di rumah sakit serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri
maupun kolaboratif. Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu
keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan
mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan
professional (holistik), memberikan pendidikan
kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien dan keluarganya dengan
menerapkan komunikasi efektif serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan
legal dan etik. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian
kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan
konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah
serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft skill) melalui beberapa model
belajar yang relevan.
Fokus mata kuliah Keperawatan Keluarga adalah
pembahasan tentang konsep keluarga, kesehatan keluarga, konsep keluarga
sejahtera, asuhan keperawatan keluarga pada tiap tahapan perkembangan keluarga
yang meliputi pasangan keluarga yang baru menikah, keluarga yang menanti
kelahiran, keluarga dengan balita, keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga
dengan remaja, keluarga dewasa dan masalah-masalah keluarga yang terkait dengan
masalah kesehatan yang lazim di Indonesia. Kegiatan belajar meliputi ceramah,
diskusi dan pembahasan kasus.
Praktik profesi keperawatan kesehatan jiwa merupakan tahapan program
yang menghantarkan mahasiswa ketika adaptasi profesi untuk menerima
pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan
jiwa yang diberikan kepada individu, keluarga, dan masyarakat baik yang
sifatnya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitative serta memberikan
pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan
legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan
keperawatan jiwa. Praktik profesi keperawatan kesehatan jiwa berfokus pada
penerapan asuhan keperawatan pada klien dengan masalah kesehatan jiwa dalam
konteks keluarga dan masyarakat melalui penerapan terapi modalitas keperawatan
Mata kuliah ini merupakan konversi dari 3 mata kuliah kepribadian,
psikologi keperawatan dan social budaya budaya dalam keperawatan yang mencakup;
konsep diri, kesehatan spiritual, seksualitas, stres adaptasi dan konsep
kehilangan, kematian dan berduka. Konsep teoritis sosiologi dan antropologi
kesehatan yang mencakup pembahasan terkait kebudayaan secara umum, kebudayaan
rumah sakit, etiologi penyakit ditinjau dari kebudayaan dan persepsi sehat
sakit serta respon sehat sakit berbasis budaya. Selain itu juga memabahas
tentang konsep teoritis transkultural dalam keperawatan yang mencakup
perspektif transkultural dalam keperawatan, teori Leininger: culture care, pengkajian budaya dan
aplikasi keperawatan transkultural pada berbagai masalah kesehatan dan
sepanjang daur kehidupan manusia. Proses pembelajaran
dilakukan melalui metode Mini Lecture/ Project Based
Learning/ Simulation (pengabdian masyarakat) yang diterapkan secara Daring
dan Luring.
Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian
korupsi, ruang lingkup, bentuk-bentuk korupsi, pembentuk perilaku koruptif,
factor penyebab korupsi, dampak massif korupsi, nilai dan prinsip anti korupsi,
upaya pemberantasan korupsi, tindak pidana korupsi dalam peraturan perundang-undangan
di Indonesia, peran mahasiswa dalam gerakan anti korupsi serta peran perguruan
tinggi dalam menumbuhkan Budaya Anti Korupsi di Indonesia. Pendidikan anti korupsi sagatlah penting
disampaikan pada keilmuan kesehatan khususnya keperawatan, mengingat profesi
perawat selain melakukan pelayanan kesehatan juga wajib menjaga etika dan moral
yang sudah tertuang dalam kode etik keperawatan sehingga pertemuan selanjutnya
diarahkan ke sub pokok pembahasan yang lebih khusus pada keilmuannya dalam hal
ini Trend dan Isu Korupsi dalam Bidang Kesehatan, Korupsi dalam
Pelayanan Kesehatan Di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Korupsi dalam
Fasilitas Kesehatan dan Tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (clean governance and good government).
Mata kuliah ini berfokus kepada falsafah keperawatan yang menjadi pedoman utama bagi profesi ilmu keperawatan. Falsafah keperawatan merupakan nilai-nilai, keyakinan, dan cara pandang (paradigma) perawat terhadap fenomena yang menjadi fokus kajian utama yakni empat konsep dasar falsafah sering disebut metaparadigma keperawatan yaitu manusia , keperawatan, lingkungan dan sehat sehingga mahasiswa memahami klien sebagai manusia dalam rentang sehat-sakit. Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan teori ilmu keperawatan yang membantu mengantarkan mahasiswa untuk mendalami tentang konseptual model dan teori keperawatan, serta prinsip-prinsip pendekatan holistik dalam konteks keperawatan sehingga mampu menerapkan asuhan keperawatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan klien. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan paradigma, teori dan model keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan. Proses pembelajaran dilakukan melalui Student Centered Learning (SCL) : Discovery Learning, Contextual Instructions, Project Based Learning (PjBL), case study, Small Group Disscusion, mini lecture, simulation/role play/praktek laboratorium. |
Praktik profesi keperawatan medikal bedah program yang menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien anak dan keluarganya, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan pada orang dewasa. Praktik profesi keperawatan pada klien dewasa dalam konteks keluarga yang mengalami masalah pemenuhan kebutuhan dasarnya akibat gangguan satu sistem (organ) atau pun beberapa sistem (organ) tubuhnya
Praktik profesi keperawatan maternitas dilakukan secara bertahap dimulai dari prenatal, intranatal dan post natal baik yang normal dan berisiko serta masalah-masalah pada sistem dan keluarganya.
Mata ajar ini mempunyai bobot 3 SKS. Lama pembelajaran adalah 4 minggu, termasuk proses evaluasi dengan perhitungan waktu minimal satu hari berdinas adalah 7 jam.
Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian
korupsi, ruang lingkup, bentuk korupsi, pembentuk perilaku koruptif,
factor penyebab korupsi, dampak massif korupsi, nilai dan prinsip anti korupsi,
upaya pemberantasan korupsi, tindak pidana korupsi dalam peraturan UU di Indonesia, peran mahasiswa dalam gerakan anti korupsi serta peran perguruan
tinggi dalam menumbuhkan Budaya Anti Korupsi di Indonesia. Pendidikan anti korupsi jugan sagat penting
disampaikan pada keilmuan kesehatan khususnya keperawatan, mengingat profesi
perawat selain melakukan pelayanan kesehatan juga wajib menjaga etika dan moral
yang sudah tertuang dalam kode etik keperawatan sehingga pertemuan selanjutnya
diarahkan pada trend dan isu Korupsi dalam Bidang Kesehatan, Korupsi dalam
Pelayanan Kesehatan Di Era Jaminan Kesehatan Nasional, Korupsi dalam
Fasilitas Kesehatan dan Tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Dengan itu diharapkan dapat
membentuk kualitas mahasiswa yang memiliki keluhuran akhlak dan tanggung jawab
moral serta social untuk mempraktekkan pola hidup tanpa korupsi. Proses pembelajaran ini dilakukan
melalui metode student centered learnig yang
diterapkan secara daring dan luring.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep caring sepanjang daur kehidupan manusia,
konsep pertumbuhan manusia, standar profesional dalam praktik keperawatan
termasuk etika keperawatan dan aspek legal dalam praktik keperawatan dan
pendokumentasian asuhan keperawatan
Keperawatan Medikal Bedah III adalah salah satu mata kuliah keahlian
keperawatan yang membahas pemenuhan kebutuhan klien
dewasa dengan gangguan sistem muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan
persarafan. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan sistem
muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan berdasarkan proses
keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi,
biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah,
ilmu penyakit dalam, farmakologi, bedah, nutrisi dan rehabilitasi. Gangguan
dari sistem tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative,
trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional
dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi
asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Modalitas
Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses
pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL),
Belajar Berdasarkan Masalah (BDM), dan praktik laboratorium.
Mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa dengan konsep dasar keilmuan dari keperawatan berdasarkan teori keperawatan dan kode etik keperawatan
Praktik profesi keperawatan gerontik merupakan
program yang mengahantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk menerima
pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan
profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada
klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian
terkini yang berkaitan dengan keperawatan gerontik. Praktik profesi keperawatan
gerontik berfokus pada klien usia lanjut dengan masalah kesehatan yang bersifat
aktual, resiko dan potensial serta untuk meningkatkan kualitas hidup klien.
Pembelajaran dilakukan dengan metode blended learning yaitu dengan
diskusi/ konsultasi tatap muka atau daring/ jarak jauh menggunakan media video
conference dan Learning Management System (LMS)
Mata kuliah ini membahas tentang Pancasila sebagai salah satu pilar
kebangsaan Indonesia, sebagai dasar negara dan ideologi nasional, dan sebagai
sumber rujukan dan inspirasi sebagai upaya menjawab tantangan kehidupan bangsa.
Keperawatan Medikal Bedah III adalah salah satu mata kuliah keahlian keperawatan yang membahas pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan sistem muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, bedah, nutrisi dan rehabilitasi. Gangguan dari sistem tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative, trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Modalitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL), Belajar Berdasarkan Masalah (BDM), dan praktik laboratorium.
Mata kuliah ini adalah mata kuliah inti keperawatan yang berfokus mempelajari tentang prinsip-prinsip komunikasi terapeutik beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat untuk berbagai tatanan baik praktik klinis maupun komunitas.
Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep komunikasi terapeutik dengan klien, keluarga, kelompok khusus atau tenaga kesehatan lainnya dengan tahap-tahap komunikasi, menghadirkan diri dan tehnik – tehnik komunikasi yang tepat sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan. Proses pembelajaran dilakukan melalui Student Centered Learning (SCL) : Discovery Learning, Contextual Instructions, Project Based Learning (PjBL), case study, Small Group Disscusion, mini lecture, simulation/role play/praktek laboratorium.Praktik Keperawatan Dasar Profesi (KDP) merupakan bagian awal dari rangkaian proses pendidikan Ners tahap profesi yang
akan diikuti oleh seluruh mahasiswa pada tatanan klinik di rumah sakit. Kemampuan yang dicapai selama program ini akan
menjadi dasar kemampuan di mata kuliah tahap profesi selanjutnya. Setelah menjalani praktik KDP ini, mahasiswa diharapkan
mampu menentukan gangguan pemenuhan kebutuhan dasar, dan melaksanakan tindakan keperawatan untuk memenuhi
kebutuhan klien dan keluarga dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Keperawatan dasar profesi difokuskan
untuk mengasah kemampuan mahasiswa agar mampu bersikap dan bertindak sebagai perawat profesional. Kemampuan yang dimaksud adalah: kemampuan melakukan analisis gangguan kebutuhan dasar klien dan keluarga, bersikap caring di setiap
kesempatan memberikan asuhan keperawatan, membina hubungan interpersonal kepada klien dan keluarganya, memberikan
asuhan saat klien dan keluarga mengalami gangguan pemenuhan kebutuhan dasar. Pembelajaran dilakukan dengan metode
blended learning yaitu dengan diskusi/ konsultasi tatap muka atau daring/ jarak jauh menggunakan media video conference dan
Learning Management System (LMS).
Fokus mata kuliah ini membahas tentang asuhan keperawatan komunitas dan pembahasan yang terkait isu dan kecenderungan masalah kesehatan komunitas dalam konteks pelayanan kesehatan utama dengan penekanan pada peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan, area-area khusus dalam keperawatan komunitas sedangkan keperawatan komunitas memberikan pemahaman tentang asuhan keperawatan keluarga pada tiap tahapan tumbuh kembang keluarga dan masalah keluarga terkait masalah kesehatan yang lazim di Indonesia. Pembahasan tentang issue dan kecenderungan dalam keperawatan keluarga dengan penekanan pada upaya peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan.
Mata kuliah kewirausahaan ini bertujuan untuk pengenalan potensi diri untuk berwirausaha, mencari dan menciptakan peluang, merencanakan suatu usaha, mempelajari studi kelayakan dalam berwirausaha, evaluasi suatu berwirausaha, memahamai resiko yang akan terjadi dalam berwirausaha dan kegagalan wirausaha serta jalan ke luar dari kegagalan, dan
menjalin kemitraan dalam pengembangan usaha.
Mata kuliah ini membahas tentang rasa kebanggaan dan cinta tanah air, demokratis yang berkeadaban, menjadi warga Negara yang memiliki daya saing, berdisiplin dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan system nilai Pancasila |
Keperawatan Kritis adalah salah satu mata kuliah keahlian keperawatan yang membahas tentang konsep dan perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang mempunyai masalah aktual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kegawatdaruratan dan mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan kritis ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau kecacatan yang mungkin terjadi
Mempelajari tentang
perspektif keperawatan dan konsep perawatan paliatif, etik, kebijakan, teknik
menyampaikan berita buruk, komunikator, kebutuhan psikologis pasien paliatif,
manajemen nyeri, berbagai macam terapi komplementer, tinjuan agama dan budaya
tentang penyakit kronik
Praktik profesi keperawatan anak merupakan program yang menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk
menerima pendelegasian kewenangan secara
bertahap dalam melakukan asuhan
keperawatan profesional yang aman dan efektif, memberikan pendidikan
kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien/pasien
dan
keluarganya, membuat keputusan legal
dan etik serta
menggunakan
hasil penelitian terkini
dalam praktik (evidance based practice) yang berkaitan dengan keperawatan pada anak dan melakukan asuhan keperawatan yang berfokus pada
pasien sehingga diharapkan dapat mengaplikasikan asuhan mendukung standar
akreditasi rumah sakit
Mata kuliah ini membahas tentang
prosedur keperawatan yang menjadi dasar ilmiah dalam praktik keperawatan
yang mencakup pemeriksaan fisik,
pengendalian infeksi, prosedur pemberian medikasi, perawatan luka, pemasangan infus, pemasangan kateter,pemasangan NGT,
pengaturan posisi dan penerimaan pasien dirumah sakit. Pengalaman belajar
meliputi pembelajaran di kelas,
laboratorium keperawatan, dan klinik.
- Keperawatan Medikal Bedah I adalah salah satu mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan pemenuhan kebutuhan oksigenasi, sirkulasi dan hematologi. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus dengan gangguan penapasan, kardiovaskuler dan hematologi berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik, seperti biologi, histologi, biokimia, anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan sistem meliputi gangguan akibat peradangan, kelainan degenerative, keganasan dan trauma yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan keperawatan. Intervensi keperawatan meliputi terapi modalitas keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL) dan Belajar Berdasarkan Masalah (BDM), dan praktek laboratorium.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep caring sepanjang daur kehidupan manusia, konsep pertumbuhan manusia, standar profesional dalam praktik keperawatan termasuk etika keperawatan dan aspek legal dalam praktik keperawatan dan pendokumentasian asuhan keperawatan.
Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan
kegawatdaruratan
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep –
konsep dan prinsip – prinsip serta trend dan isu kesehatan dan keperawatan
jiwa. Dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang klien sebagai sistem yang
adaptif dalam rentang respons sehat jiwa sampai resiko. Pengalaman belajar ini akan berguna dalam
memberikan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan integrasi keperawatan jiwa pada
area keperawatan lainnya
Praktek profesi manajemen keperawatan mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dengan menerapkan berbagai gaya kepemimpinan yang efektif. Selama praktek mahasiswa memprakarsai perubahan yang efektif dan inovatif dalam asuhan keperawatan dan pelayanan keperawatan.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan
perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang
mempunyai masalah aktual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak
dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat
dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kegawatdaruratan dan kritis
serta mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan gawat darurat dan
kritis ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau
kecacatan yang mungkin terjadi.
Praktik
Profesi Keperawatan Gawat dan Kritis mencakup asuhan keperawatan dalam konteks keluarga pada klien
dengan berbagai tingkat usia yang mengalami masalah
pemenuhan kebutuhan dasarnya akibat gangguan
salah satu sistem (organ) ataupun beberapa sistem (organ) tubuhnya dalam keadaan gawat darurat dan kritis.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep patologi, patofisiologi, mikrobiologi dan parasitologi, serta farmakologi pada berbagai kondisi sebagai landasan dalam mempelajari ilmu-ilmu lanjutan/ keahlian. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah interaktif, SGD dan praktik laboratorium
Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata
kuliah keperawatan jiwa 1. Dalam mata kuliah ini dibahas tentang asuhan
keperawatan pada klien yang mengalami ganguan jiwa. Recovery dari gangguan jiwa
dengan pendekatan holistik
dan person-centered care
merupakan fokus dalam mata kuliah
ini, termasuk hubungan terapeutik secara individu dan dalam koteks
keluarga dan penerapan terapi modalitas keperawatan. Pengalaman
belajar ini akan berguna dalam memberikan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan
integrasi kepeerawatan jiwa pada area keperawatan lainnya.
Mata kuliah ini merupakan bagian
dari kelompok ilmu alam dasar yang membahas tentang konsep biologi, fisika, biokimia, gizi dengan
memperhatikan lingkungan dan etika keilmuan, serta konsep-konsep anatomi dan fisiologi manusia
dalam mempertahankan homeostasis tubuh. Proses pembelajaran dilakukan
melalui Mini Lecture/ Collaborative learning/ Project Based Learning/ Problem Based Learning/ Contextual
Instruction / Simulation
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep, prinsip dan keterampilan klinis keperawatan untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan manusia yang mencakup kebutuhan aktivitas dan latihan; kebutuhan oksigenasi; kebutuhan cairan, elektrolit dan keseimbangan cairan-elektrolit; kebutuhan istirahat dan tidur; kebutuhan nutrisi; kebutuhan eliminasi; kebutuhan rasa nyaman; kebutuhan kebersihan dan perawatanan diri.. Pengalaman pembelajaran dilakukan dengan perkuliahan tatap muka, kasus-kasus dalam kelompok, dan pembelajaran mandiri.Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, Lecture/ small group discussion dan praktikum.
Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan dan alplikatif tentang program promosi kesehatan di masyarakat serta memberikan penjelasan secara konprehensif tentang materi ilmu dasar promosi kesehatan dalam keperawatan yang meliputi konsep, ruang lingkup, faktor-faktor, model, strategi, sasaran, bentuk kegiatan, pendidikan kesehatan dan peran perawat dalam promosi kesehatan. Promosi kesehatan yang dapat diaplikasikan melalui pengabdian masyarakat ke masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan.
Praktik
profesi keperawatan kesehatan jiwa merupakan tahapan program yang menghantarkan
mahasiswa ketika adaptasi profesi untuk menerima pendelegasian kewenangan
secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan jiwa yang diberikan kepada
individu, keluarga, dan masyarakat baik yang sifatnya preventif, promotif, kuratif
dan rehabilitative serta memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi
advokasi pada klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil
penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan jiwa. Praktik
profesi keperawatan kesehatan jiwa berfokus pada penerapan asuhan keperawatan
pada klien dengan masalah kesehatan jiwa dalam konteks keluarga dan masyarakat
melalui penerapan terapi modalitas keperawatan. Mata ajar ini mempunyai bobot 3 SKS. Lama pembelajaran adalah 4 minggu, termasuk proses evaluasi.
Mata kuliah ini adalah mata kuliah tentang kepribadian yang berfokus pada pengembangan kepribadian melalui pengenalan potensi diri secara spesifik dan mengembangkannya secara berkelanjutan. Focus mata kuliah ini adalah konsep dan pengaplikasian teori yang meliputi nilai-nilai kemanusian dan mengenali diri sendiri dan motivasi diri, kekuatan pikiran, Berpikir positif dan berpikir negatif, Hubungan antar manusia dan komunikasi positif, Mempersiapkan kesuksesan dan memanajemen kegagalan, passion and success, tanggung jawab terhadap diri sendiri. Pengalaman belajar diperoleh melalui diskusi interaktif, success story, case study, seminar.
Mata
kuliah ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus kepada respon
anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir
masa remaja baik dalam keadaan sehat ataupun sakit akut, kronis dan kondisi
terminal serta berkebutuhan khusus,di masyarakat ataupun dirawat di rumah
sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun
kolaboratif. Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu
keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan
mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan
profesional (holistik), memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi
advokasi bagi klien/keluarganya dengan menerapkan komunikasi efektif, serta
membuat keputusan dengan mempertimbangkan aspek legal dan etik. Kegiatan
belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis,
komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan proses
keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap
profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang
relevan.
Mata kuliah ini mempelajari tentang trend issue dan perilaku yang berisiko tertular/menularkan HIV AIDS, Pengkajian bio, psiko, sosial spiritual dan kultural; pemeriksaan fisik dan diagnostik; tanda dan gejala;, dan penatalaksanaan pasien dengan HIV AIDS, Prinsip hidup dengan ODHA, family centerd pada ODHA dan stigma pada ODHA, Prinsip komunikasi konseling pada klien dengan HIV/AIDS, Konseling pada klien dengan HIV/AIDS, Prinsip perawatan pada bayi dan anak penderita HIV AIDS atau dengan orang tua HIV AIDS, Asuhan keperawatan pada pasien terminal illnes (palliative care), Pengkajian spiritual dan kultural pada klien dengan HIV/AIDS dan long term care, Berbagai macam terapi komplementer.
Mata kuliah ini di mulai pada semester 4 dengan kriteria penilaian
Ujian Tulis Ujian Praktikum Tugas | : 40 % : 20 % : 40 % |
Matakuliah di semester 8 (program reguler) dan di semester 3 (program alih jenjang) dengan rincian penilaian sebagai berikut; Praktikum 70%, UAS 30%.
Mata kuliah ini mempelajari tentang trend issue dan perilaku yang berisiko tertular/menularkan HIV AIDS, Pengkajian dengan spiritual dan kultural pada klien dengan HIV/AIDS dan long term care dan berbagai macam terapi pencegahan dan penanggulangan serta terapi komplementernya serta melakukan asuhan keperawatan pada pasien HIV AIDS
Mata kuliah ini mempelajari
tentang perspektif keperawatan dan konsep perawatan paliatif, etik, kebijakan,
teknik menyampaikan berita buruk, komunikator, kebutuhan psikologis pasien
paliatif, manajemen nyeri, berbagai macam terapi komplementer, tinjuan agama
dan budaya tentang penyakit kronik. Proses pembelajaran dilakukan
melalui kuliah pakar
Mata kuliah ini membahas tentang konsep, jenis, klasifikasi, dan karakteristik bencana, dampak bencana terhadap kesehatan, prinsip penanggulangan kedaruratan bencana, persiapan bencana, penilaian sistematis, tindakan-tindakan keperawatan selama fase bencana, perawatan psikososial dan spiritual bagi korban bencana, perawatan bagi populasi rentan, aspek etik dan legal pada bencana, perlindungan bagi petugas,pendekatan interdisiplin, pemulihan pasca bencana, dan penerapan evidence based practice dalam keperawatan bencana. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir kritis, sistematis, dan komprehensif dalam mengaplikasikan konsep keperawatan bencana dengan pendekatan holistik, etis, dan peka budaya. Proses pembelajaran dilakukan melalui Mini Lecture/ Collaborative learning/ Project Based Learning/ Problem Based Learning/ Contextual Instruction (pengabdian masyarakat)/ Simulation
Mata
kuliah ini membahas tentang konsep, jenis, klasifikasi, karakteristik
bencana & dampak bencana terhadap kesehatan, prinsip penanggulangan kedaruratan selama fase bencana, perawatan psikososial dan spiritual pasca bencana,
perawatan bagi populasi rentan, aspek etik dan legal pada bencana, perlindungan
bagi petugas,pendekatan interdisiplin, pemulihan pasca bencana, dan penerapan EBP dalam keperawatan bencana.
Metlit adalah matakuliah yang berada di semester V (lima) dengan rincian penilai yaitu; Tugas 35%, Praktikum 35% dan UAS 30%.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep berpikir kritis dalam
keperawatan dan proses keperawatan dengan penekanan pada proses diagnosis
keperawatan
Mata kuliah Sistem Informasi ini menjelaskan tetang konsep dan ruang lingkup sistem informasi keperawatan. Pada mata ajar ini
mahasiswa akan mendapat pemahaman dan praktek yang lebih mendalam terkait
sistem informasi dalam keperawatan.
Mata kuliah ini membahas tentang pelayanan profesional
keperawatan dalam upaya meningkatkan kesehatan reproduksi sepanjang siklus daur
hidup perempuan secara patologis dengan
pendekatan women-centered care.
Fokus mata kuliah ini adalah mempelajari cara mengelola sekelompok perawat dengan menggunakan peran dan fungsi manajemen untuk dapat memberikan asuhan keperawatan kepada klien pada tatanan pelayanan keperawatan di tingkat ruang rawat di rumah sakit (RS) dan di tingkat keluarga di Puskesmas dan masyarakat sesuai standar nasional dan internasional.
Mata kuliah ini adalah mata kuliah keahlian
keperawatan yang berfokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan
kebutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem endokrin, imunologi, pencernaan
dan perkemihan.
Keperawatan Medikal Bedah II adalah salah satu mata kuliah keahlian keperawatan yang membahas pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem endokrin, musculoskeletal, integument, persepsi sensori, dan persarafan. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan sistem endokrin, musculoskeletal, integument, persepsi sensori, dan persarafanberdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, bedah, nutrisi dan rehabilitasi. Gangguan dari sistem tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative, trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Modalitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL), Belajar Berdasarkan Masalah (BDM), dan praktik laboratorium.
Mata Kuliah ini mempelajari tentang prinsip-prinsip komunikasi umum beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga, dan masyarakat, serta dalam tim kesehatan untuk berbagai tatanan baik praktik klinis maupun komunitas. Selain itu, dibahas pula trend dan issue yang berkaitan dengan perkembangan komunikasi dalam bidang kesehatan.
Fokus mata kuliah
Keperawatan Keluarga adalah pembahasan tentang konsep keluarga, kesehatan
keluarga, konsep keluarga sejahtera, asuhan keperawatan keluarga pada tiap
tahapan perkembangan keluarga yang meliputi pasangan keluarga yang baru
menikah, keluarga yang menanti kelahiran, keluarga dengan balita, keluarga
dengan anak usia sekolah, keluarga dengan remaja, keluarga dewasa dan
masalah-masalah keluarga yang terkait dengan masalah kesehatan yang lazim di
Indonesia. Kegiatan belajar meliputi ceramah, diskusi dan pembahasan kasus.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep patologi, patofisiologi, mikrobiologi dan parasitologi, serta farmakologi pada berbagai kondisi sebagai landasan dalam mempelajari ilmu-ilmu lanjutan/ keahlian. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah interaktif, SGD dan praktik laboratorium.
Fokus mata kuliah ini meliputi
berbagai aspek yang terkait dengan kegawatdaruratan dan kritis pada pasien
Fokus mata kuliah ini adalah pada pemenuhan kebutuhan keselamatan pasien serta kesehatan dan keselamatan perawat saat memberikan asuhan keperawatan klien. Aspek penting yang harus menjadi perhatian adalah keselamatan pasien dan mengatur lingkungan pelayanan keperawatan dalam pemberian asuhan keperawatan yang aman dari hazard dan resiko kesehatan di tempat kerja baik di dalam maupun luar gedung. |
|
Mata kuliah ini memberikan kemampuan bagi mahasiswa dalam memberikan asuhan kebidanan masa nifas, melakukan pendekatan terapi komplementer
dalam perawatan masa nifas dan laktasi, melakukan exercise dalam masa nifas, perawatan payudara dan masa laktasi, dan melakukan dokumentasi asuhan kebidanan masa nifas dengan melakukan asuahan fisiologis, deteksi dini dan penanganan awal pada kasus kegawatdaruratan dan patologis.
Mata kuliah ini
memberikan kemampuan bagi mahasiswa dalam memberikan asuhan kebidanan pada ibu bersalin yang meliputi pengkajian
dan pemeriksaan fisik pada ibu bersalin,
kala I , Kala II, Kala III, dan Kala IV persalinan, Pemeriksaan dalam amniotomi, episiotomy, deteksi dini dan penanganan awal kegawatdaruratan
maternal dan neonatal seta pengisian partograf.
Mata kuliah ini memberikan kemampuan bagi mahasiswa dalam memberikan
asuhan kehamilan dengan pengkajian dan pemeriksaan pada ibu hamil secara
komprehensif, exercise dalam kehamilan dengan pendekatan alamiah, melakukan
skrining risiko dalam kehamilan, memberikan asuhan kehamilan dengan pendekatan
terapi komplementer dalam pencegah penyulit dalam kehamilan serta melakukan rujukan pada kasus patologi
dan dokumentasi asuhan.
keperawatan gerontik adalah membahas konsep dasar keperawatan gerontik, berbagai teori keperawatan gerontik dan
asuhan keperawatan dalam pemenuhan kebutuhan dasar lansia. Penerapannya pada asuhan keperawatan gerontik melingkupi pembahasan
mengenai kebutuhan bio, psiko, social dan spiritual pada lanjut usia dengan sasaran individu, keluarga dan kelompok/komunitas.
Mata kuliah ini berfokus pada pemahaman tentang prinsip-prinsip statistik, tingkat-tingkat pengukuran, penyajian grafis, ukuran deskriptif dari ringkasan statistik, disperse dan asosiasi statistika inferensial, tes hipotesa dan aplikasi dalam menafsirkan literatur riset keperawatan.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan
perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang
mempunyai masalah aktual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak
dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat
dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kegawatdaruratan dan kritis
serta mengancam kehidupan
Dalam mata kuliah ini dibahas tentang asuhan keperawatan pada klien yang
mengalami ganguan jiwa. Recovery dari gangguan jiwa dengan pendekatan
holistik dan person-centered care
merupakan fokus dalam mata kuliah
ini, termasuk hubungan terapeutik secara individu dan dalam koteks
keluarga dan penerapan terapi modalitas keperawatan. Pengalaman belajar ini
akan berguna dalam memberikan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan integrasi
kepeerawatan jiwa pada area keperawatan lainnya
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep –
konsep dan prinsip – prinsip serta trend dan isu kesehatan dan keperawatan
jiwa. Dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang klien sebagai sistem yang
adaptif dalam rentang respons sehat jiwa sampai gangguan jiwa, psikodinamika,
terjadinya masalah kesehatan/ keperawatan jiwa yang umum di Indonesia. Upaya
keperawatan dalam pencegahan primer, sekunder dan tertier terhadap klien dengan
masalah psikososial dan spiritual merupakan fokus dalam mata kuliah ini,
termasuk hubungan terapeutik secara individu dan dalam koteks keluarga.
Pengalaman belajar ini akan berguna dalam memberikan pelayanan/asuhan
keperawatan jiwa dan integrasi keperawatan jiwa pada area keperawatan lainnya
Mata kuliah ini membahas tentang konsep, jenis, klasifikasi, dan karakteristik bencana, dampak bencana terhadap kesehatan, prinsip penanggulangan kedaruratan bencana, persiapan bencana, penilaian sistematis, tindakan-tindakan keperawatan selama fase bencana, perawatan psikososial dan spiritual bagi korban bencana, perawatan bagi populasi rentan, aspek etik dan legal pada bencana, perlindungan bagi petugas,pendekatan interdisiplin, pemulihan pasca bencana, dan penerapan evidence based practice dalam keperawatan bencana. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir kritis, sistematis, dan komprehensif dalam mengaplikasikan konsep keperawatan bencana dengan pendekatan holistik, etis, dan peka budaya. Proses pembelajaran dilakukan melalui Mini Lecture/ Collaborative learning/ Project Based Learning/ Problem Based Learning/ Contextual Instruction (pengabdian masyarakat)
Ujian Tulis : 60%
Tugas : 40%Lecturer:
1. M. Riduansyah, S. Kep., Ns., M. Kep
2. Bagus Rahmat Santoso, S. Kep., Ns., M. Kep
3. M. Sobirin Muchtar, S. Kep., Ns., M. Kep
4. Eirene E. M. Gaghauna, S. Kep., Ns., MSN
Fokus mata kuliah ini adalah mempelajari cara
mengelola sekelompok perawat dengan menggunakan peran dan fungsi manajemen
untuk dapat memberikan asuhan keperawatan kepada klien pada tatanan pelayanan
keperawatan di tingkat ruang rawat di
rumah sakit (RS) dan di tingkat keluarga di Puskesmas dan masyarakat sesuai
standar nasional dan internasional. Aspek penting yang harus menjadi perhatian
adalah kemampuan bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi. Konsep dasar
peran dan fungsi manajemen dibahas secara bertahap dalam setiap pertemuan.
Pembahasan ditekankan pada implementasi peran dan fungsi manajer unit
perawatan. Proses pembelajaran dilakukan melalui metode pembelajaran aktif
berupa diskusi (berbasis pertanyaan dan masalah), presentasi, role play, dan
belajar berdasarkan hasil studi lapangan digunakan selama satu semester agar
mencapai kemampuan kognitif 6 dan afektif 5
Mata kuliah keperawatan anak II ini adalah mata
kuliah keahlian keperawatan yang berfokus pada respon anak dan keluarganya pada
setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam
keadaan sakit kronis dan kondisi terminal serta kebutuhan khusus, di masyarakat
atau di rumah sakit serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri
maupun kolaboratif. Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu
keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan
mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan
professional (holistik), memberikan pendidikan
kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien dan keluarganya dengan
menerapkan komunikasi efektif serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan
legal dan etik. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian
kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan
konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah
serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft skill) melalui beberapa model
belajar yang relevan.
Mata
kuliah ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan
kebutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem respirasi, kardiovaskuler,
imunologi dan hematologi, pencernaan dan perkemihan. Pemberian asuhan
keperawatan pada kasus gangguan sistem respirasi, kardiovaskuler, imunologi dan
hematologi, pencernaan dan perkemihan berdasarkan proses keperawatan dengan
mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi,
fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam,
farmakologi,nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan dari system tersebut
meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative, keganasan dantrauma, yang
termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan
internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi
asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Modalitas
Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses
pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL) dan Belajar Berdasarkan Masalah
(BDM),dan praktik laboratorium.
Mata kuliah ini membahas tentang pelayanan profesional
keperawatan dalam upaya meningkatkan kesehatan reproduksi sepanjang siklus daur
hidup perempuan dengan
pendekatan women-centered care dan
peka budaya serta memperhatikan aspek legal dan etis di tatanan klinik maupun
komunitas.
Mata kuliah farmakologi dan toksikologi berisi pokok-pokok bahasan konsep dasar farmakologi-toksikologi meliputi prinsip aksi obat, nasib obat di dalam tubuh meliputi fase farmakodinamik dan Farmakokinetika, konsep interaksi obat, konsep pengujian dan pengembangan obat, mekanisme kerja obat antipiretik, patofisiologi penyakit, mekanisme kerja obat, adverse drug reaction (ADR) pada gangguan tulang dan sendi, gangguan saraf dan psikiatri, gangguan saluran cerna, gangguan mata, hidung, telinga, dan tenggorokan. Mata kuliah farmakologi dan toksikologi ini juga berisi patofisiologi penyakit, mekanisme kerja obat, adverse drug reaction (ADR) pada kardiovaskular & renal, gangguan darah, infeksi bakteri & virus, sistem endokrin, dan mekanisme kerja antidotum
Mata kuliah ini berisi pokok bahasan tentang konsep pharmaceutical care di masyarakat, kajian masalah swamedikasi, terapi swamedikasi, konseling dalam swamedikasi dan monitoring pemberian terapi swamedikasi di masyarakat
Mata kuliah farmakologi dan toksikologi berisi pokok-pokok bahasan konsep dasar farmakologi-toksikologi meliputi prinsip aksi obat, nasib obat di dalam tubuh meliputi fase farmakodinamik dan Farmakokinetika, konsep interaksi obat, konsep pengujian dan pengembangan obat, mekanisme kerja obat antipiretik, patofisiologi penyakit, mekanisme kerja obat, adverse drug reaction (ADR) pada gangguan tulang dan sendi, gangguan saraf dan psikiatri, gangguan saluran cerna, gangguan mata, hidung, telinga, dan tenggorokan. Mata kuliah farmakologi dan toksikologi ini juga berisi patofisiologi penyakit, mekanisme kerja obat, adverse drug reaction (ADR) pada kardiovaskular & renal, gangguan darah, infeksi bakteri & virus, sistem endokrin, dan mekanisme kerja antidotum
Mata kuliah PKL rumah sakit berisi sistem pengelolaan sediaan farmasi dan alat kesehatan di rumah sakit, alur pelayanan resep di rumah sakit, skrinning resep pada penyakit kronis di rumah sakit, kajian data subyektif dan obyektif pada penyakit kronis di rumah sakit, dan kajian masalah terkait obat pada penyakit kronis di rumah sakit
Mata kuliah ini mempelajari tentang berbagai kompartemen lingkungan baik lingkungan perairan, udara atau atmosfer, dan tanah dari segi tinjauan kimia. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan berbagai proses transformasi kimia yang berlangsung di lingkungan dan berbagai aktivitas yang menyebabkan terjadinya penurunan kualitas di lingkungan serta cara identifikasi dan analisis cemaran senyawa kimia di lingkungan.
This course studies various environmental compartments, including the aquatic, air or atmospheric, and soil environments from a chemical perspective. In addition, students are expected to be able to explain various chemical transformation processes that take place in the environment and various activities that cause quality degradation in the environment as well as how to identify and analyze chemical contamination in the environment.Mata kuliah Pengantar dan Etika Kefarmasian membahas dan membicarakan mengenai sejarah farmasi dan perkembangan ternary Dunia farmasi, konsep Obat dan jalur distribusi Obat dan pekerjaan kefarmasian beserta etika profesi kefarmasian.
Mata kuliah PC IV membekali mahasiswa dengan
memberikan pengetahuan mengenai kajian perhitungan dosis dalam pelayanan obat
resep, kajian dan solusi permasalahan pada penyakit kronis. Mata kuliah ini
bertujuan agar mahasiswa setelah menjadi sarjana farmasi, dapat memberikan pelayanan
kefarmasian yang rasional dan berbasis kepada pasien dengan kondisi penyakit
infeksius
Mata kuliah ini mempelajari tentang persyaratan bahan baku dari bahan alam, penyusunan komposisi bahan alam dalam suatu formula sediaan herbal dan evaluasi sediaan produk bahan alam.
Mata kuliah Toksikologi Lingkungan mempelajari tentang pengaruhh bahan kimia beracun terhadap lingkungan dan kesehatan manusia

Mata kuliah bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang pelayanan kefarmasian yang ada di lahan praktik
Mata kuliah ini berisi materi pembelajaran
Bahasa Inggris untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif berupa pengetahuan
dan keterampilan berbahasa yang meliputi kegiatan membaca (reading),
menyimak/mendengarkan (listening), menulis (writing) dan berbicara (speaking)
Mata kuliah yang
mempelajari tentang pemisahan senyawa Bahan alam dengan memperhatikan Kemurnian
dan Standard Kemurnian serta perbedaan sifat kimia dan fisika senyawa isolat
dengan menggunakan intrumen pemisahan.
Mata kuliah Undang – Undang dan Etika Kefarmasian
di desain untuk membicarakan
tentang peraturan perundang-undangan Indonesia di bidang kesehatan khususnya
farmasi dan yang terkait disertai contoh-contoh penerapan, pelanggaran dan
sanksinya. Hak dan kewajiban apoteker dalam pekerjaan dan pelayanan
kefarmasian, membicarakan tentang etika dan moral (sasaran dan normanya)
dibidang kesehatan, kedokteran, farmasi; dan sanksi hukum terhadap
pelanggarannya; kode etik profesi.
Mata kuliah ini memberikan gambaran kepada peserta didik untuk mampu bersikap Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dan dapat Berperan sebagai warga negara yang
bangga dan cinta tanah
air, memiliki nasionalisme serta rasa
tanggungjawab pada Negara dan bangsa
Mata kuliah Pharmaceutical
Care II berisikan tentang definisi dan ruang lingkup (domain) pelayanan kefarmasian; arti
penting pelayanan kefaramasian dan fungsi-fungsinya; kebutuhan pasien akan
terapi obat dan tujuan dari terapi obat; problema-problema terapi obat dan
penyebab-penyebabnya; koleksi data pasien (database);
evaluasi data pasien; pengembangan rencana patient
care; presentasi kasus pasien (patient
case presentation) atau pendokumentasian pelayanan; monitoring, evaluasi
dan tindak lanjut terapi obat; dan beberapa studi kasus tentang problema terapi
obat dengan penyelesaian permasalahan menggunakan pendekatan secara sistematik,
seperti SOAP (Subjective Objective
Assesment Plan) sehingga berkaitan dengan
pengetahuan dalam community pharmacy
framework, medication therapy
management, medication error,
skrining resep, perhitungan dosis dalam pelayanan obat resep dan kajian kasus
penyakit akut
Mata kuliah ini memberikan gambaran untuk
mahasiswa yang beragama Kristen di jenjang perguruan tinggi. Pendidikan Agama
Kristen di Perguruan Tinggi mengemban misi sebagai nilai iman, rohani,
kepribadianyang membekali mahasiswa tentang pemahaman, penghayatan dan
pengamalan Agama Kristen. Terbinanya mahasiswa agar menjadi “Generasi
anak panah Tuhan” yang tidak sekedar ada di tengah-tengah keluarga, gereja,
masyarakat dan bangsa ini. Tapi juga berada dan berdampak bagi sesama dan
sekitarnya.Serta memahami konsep keagaamaan mulai dari konsep ke
Tuhanan, etika dan moral, kerukukunanan antar umat beragama, pemahaman
kebudayaan serta pandangan agama yang berhubungan dalam pelayanan kesehatan
Mata kuliah ini memberikan pembelajaran tentang pengenalan akan Tuhan yang
bertitik tolak dari keberadaan manusia konkrit, yang diteguhkan melalui ajaran Agama Katolik sebagai sarana mengenal Tuhan lebih dalam.
Dalam proses mengenal Tuhan itu manusia tidak menutup mata terhadap tantangan
dan pergumulannya. Tantangan dan pergumulan ini justru memicu untuk belajar
membentuk diri menjadi insan religius yang inklusif. Perwujudan sikap inklusif
secara konkrit terlaksana dalam mengusahakan tata kehidupan yang diwarnai sikap
toleran, rukun, dan dialogis dan memahami konsep keagaamaan mulai dari konsep ke
Tuhanan, etika dan moral, kerukunan antar umat beragama, pemahaman kebudayaan
serta pandangan agama yang berhubungan dalam pelayanan kesehatan
Pendidikan Agama Hindu bertujuan untuk memberikan pembelajaran Ketuhanan,
kemanusiaan, moralitas, alam semesta, dan memotivasi untuk memiliki budi
pekerti luhur, dilandasi nilai-nilai universal Hindu. Mengajarkan etos kerja,
konsep berpikir yang jelas, komitmen, dan integritas, dedikasi, loyalitas, rasa
persaudaraan, kebersamaan dan bertanggungjawab, dan memahami konsep keagaamaan
mulai dari konsep ke Tuhanan, etika dan moral, kerukukunanan antar umat
beragama, pemahaman kebudayaan serta pandangan agama yang berhubungan dalam
pelayanan kesehatan
Mata kuliah ini memberikan gambaran untuk
mahasiswa agar terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa berdasarkan agama Islam, berbudi pekerti luhur bersikap rasional dan
dinamis, agar memahami konsep keagaamaan mulai dari konsep ke Tuhanan, etika
dan moral, kerukukunanan antar umat beragama, pemahaman kebudayaan serta
pandangan agama yang berhubungan dalam pelayanan kesehatan
Biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul
dalam reaksi dan proses kimia yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup
(metabolisme).
Mata kuliah farmakologi dan toksikologi I berisi pokok-pokok bahasan
konsep dasar farmakologi-toksikologi meliputi prinsip aksi obat, nasib obat di
dalam tubuh meliputi fase farmakodinamik dan
farmakokinetik, konsep interaksi obat, konsep pengujian dan pengembangan
obat, mekanisme kerja obat antipiretik,
patofisiologi penyakit, mekanisme kerja obat, adverse drug reaction
(ADR) pada gangguan tulang dan sendi, gangguan saraf dan psikiatri, gangguan
saluran cerna, gangguan mata, hidung, telinga, dan tenggorokan. Mata kuliah ini
juga berisi ruang lingkup dan prinsip – prinsip toksikologi
Mata kuliah kimia medisinal merupakan mata kuliah yang membahas tentang desain, sintesis obat potensial diikuti oleh studi pemeriksaan interaksi mereka dengan target biologis untuk memahami efek obat, metabolisme dan efek samping
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada peserta didik untuk membahas
tentang pokok-pokok bahasan pada Bahasa Indonesia yang meliputi sejarah Bahasa
Indonesia, pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia, mampu menerangkan konsep penulisan Bahasa
Indonesia, ejaan, fonologi dan tata bahasa (Morfologi dan kalimat), serta
wacana bahasa Indonesia untuk berkomunikasi secara lisan dan tulisan yang
berlandaskan pada konsep atau kaidah dan etika dalam berbahasa, mampu membuat
dokumentasi sesuai kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Peserta didik
juga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam penggunaan Bahasa
Indonesia khususnya menulis. Mahasiswa dilatih untuk memahami dan menuangkan gagasan ke dalam
berbagai jenis tulisan seperti deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi hingga
mendesain proposal penelitian dan proposal kegiatan, serta dapat melaporakan
hasil penelitian dan hasil kegiatan hingga penulisan artikel ilmih.
Keterampilan menulis diajarkan melalui teknik dan praktik menulis. Di akhir masa
perkuliahan mahasiswa diharapkan sudah mampu menghasilkan sebuha artikel
proposal karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan program studi masing masing.
Mata Kuliah Farmakovigilansi menjelaskan
pembelajaran pengenalan Farmakovigilas, metode-metode analisis dalam
Farmakovigilans, Farmakovigilans untuk obat program kesehatan masyarakat ‘TB’,
Farmakovigilans untuk obat Antihipertensi, Farmakovigilans untuk obat herbal,
Farmakovigilans untuk obat Antipsikotik,
penerapan Farmakovigilans bagi Industri Farmasi, Farmakovigilans untuk obat
kesehatan dan imunisasi, Farmakovigilans
kejadianikutan pasca imunisasi, perencanaan manajemen resiko dalam
Farmakovigilans, deteksi dan pelaporan ESO untuk tenaga kesehatan , dan Cara
melaporkan ESO bagi tenaga kesehatan
Mata kuliah Farmakokinetika berisi pokok-pokok bahasan
tentang batasan farmakokinetika dan aplikasinya dalam bidang farmasi dan
pengobatan, Parameter
Farmakokinetika, Rancangan penelitian Farmakokinetika, hubungan kadar obat
dalam plasma dan aktivitas obat, model farmakokinetika,
ekskresi renal dan analisa data urin dan klirens, pengaturan dosis pada penyakit ginjal
dan hepar, farmakokinetika non linier, Informasi farmakokinetik suatu obat.
Mata kuliah kimia medisinal merupakan mata
kuliah yang membahas tentang desain, sintesis obat potensial diikuti oleh studi
pemeriksaan interaksi mereka dengan target biologis untuk memahami efek obat,
metabolisme dan efek samping.
Mata kuliah Pengembangan
Obat Asli Indonesia membahas tentang standarisasi obat tradisional, jamu, dan
mengembangkan obat ali Indonesia
Mata kuliah Pharmaceutical Care I mempelajari prinsip dan dasar dari sistem pengobatan sendiri (swamedikasi) pada penyakit demam, batuk dan pilek,
nyeri ulu hati, diare, konstipasi, dermatosis bersisik (ketombe,
seborea, psoriasis), infeksi jamur kulit, nyeri muskuloskeletal, sariawan, Rhinitis alergi, Dermatitis, Nyeri Kepala, dan Jerawat
Mata kuliah Kepemimpinan membahas bagaimana kepemimpinan mengefektifkan organisasi. Efektivitas pencapaian tujuan organisasi itu sangat tergantung pada kualitas bantuan atau kerjasama yang diciptakan dan dikembangkan pemimpin, baik yang dilakukan dengan cara perseorangan maupun kelompok di dalam atau diluar organisasi. Untuk mencapai Efektivitas pencapai tujuan organisai tersebut diperlukan teori – teori kepemimpinan dan gaya kepemimpinan masing – masing .
Mata kuliah Farmakoterapi I mempelajari tentang pengkajian
data subyektif dan obyektif pasien serta guideline
dan hasil penelitian sebagai dasar pertimbangan dalam merekomendasikan
pengobatan pada penyakit infeksi, gangguan integument, gangguan hepar, gangguan
tulang dan sendi, gangguan saluran cerna, gangguan imunologi dan gangguan onkologi,
serta melakukan penilaian dan monitoring terhadap efektifitas dan efek samping
pengobatan.
Mata kuliah Fitoterapi
merupakan mata kuliah
yang membahas tentang etnobotani dan etnofarmakologi; pengobatan
fitoterapi yang rasional; fitoterapi sebagai obat pada penyakit diare, batuk, gastrointestinal,
kardiovaskular, diabetes melitus, hipertensi, artritis, penyakit kulit, infeksi
mikroba, dan depresi; dan mengelompokkan fitoterapi berdasarkan etnobotani dan
etnofarmakologi.
Mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia mempelajari berbagai anatomi dan
fisiologi pada manusia meliputi sistem integumen, jaringan dan struktur tulang,
otot dan jaringan otot, sistem saraf pusat,
sistem saraf otonom, darah dan
komponen darah, pembuluh darah dan sirkulasi, jantung, sistem pernapasan,
sistem endokrin, sistem pencernaan, sistem ekskresi, sistem reproduksi, organ
mata dan telinga.
Mata kuliah Analisis Kualitatif berisi materi pendahuluan rumus kimia
dan persamaan kimia, teori tentang reaksi-reaksi, konsep-konsep dalam analisis
kualitatif dan pentingnya analisis secara kualitatif, reaksi-reaksi kation dan
anion, serta pengantar analisis obat secara kualitatif, langkah awal dalam
identifikasi obat, reaksi-reaksi pendahuluan, identifikasi terhadap zat asal,
identifikasi gugus fungsi, identifikasi anion dan kation senyawa obat golongan
anorganik, serta identifikasi unsur senyawa obat golongan organik.
Mampu memahami dan menerapkan konsep Resusitasi
Darurat, Manajemen Umum Pasien
Keracunan, Gangguan Kardiovaskular, Kedaruratan Sistem Saraf, Kedaruratan Sistem
Pencernaan, Kedaruratan Sistem Genitourinaria, Kedaruratan OB/GYN, Kedaruratan Infeksius, Kedaruratan Endokrin dan
Elektrolit, dan Manajemen Bencana
Mata kuliah bioteknologi
farmasi berisi pandangan umum mengenai bioteknologi farmasi dan konsepnya,
bioteknologi molekul dan kaitannya dengan produk farmasi, contoh-contoh produk
farmasi yang dibuat dengan DNA rekombinan dan mengetahui pemanfaatan
mikroorganisme dengan menerapkan biosains dan teknologi yang menyangkut
penerapan praktis organisme hidup atau komponen subselularnya.
Mata kuliah imunologi mempelajari tentang sistem imun pada tubuh manusia meliputi prinsip penting mengenai fungsi sistem imun, respon imun terhadap mikroba menular, penyakit imunologi yang saat ini sedang mengalami perkembangan.
Mata kuliah statistik mempelajari tentang cara mengolah data hingga menjadi informasi yang meliputi cara pengumpulan data, penyajian data, pengolahan data penarikan kesimpulan dari data tersebut hingga interpretasi data.
Mata kuliah Farmakoterapi II mempelajari tentang pengkajian
data subyektif dan obyektif pasien serta guideline
dan hasil penelitian sebagai dasar pertimbangan dalam merekomendasikan pengobatan
penyakit tidak menular.
Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana cara berkomunikasi secara verbal dan non verbal dengan teman sejawat dan
masyarakat. Untuk menunjang mata kuliah ini maka adapun pokok – pokok bahasan yang diajarkan ke mahasiswa yaitu konsep dasar dan
penghalang komunikasi, konteks komunikasi, strategi komunikasi, komunikasi efektif dan etika komunikasi, teknik presentasi, konseling dan
faktor penghambatnya.
Mata kuliah ini berisi materi pembelajaran Bahasa Inggris untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif berupa pengetahuan dan keterampilan berbahasa yang meliputi kegiatan membaca (reading), menyimak/mendengarkan (listening), menulis (writing) dan berbicara (speaking)
Mengajarkan kepada mahasiswa untuk memahami konsep anti korupsi dan
mampu menerapkannya dalam pelayanan kesehatan yang berdasarkan pada nilai
moral, etika dan sosial budaya serta mendukung dalam mengelola kewirausahaan,
Mata kuliah ini membahas senyawa karbonil dan reaksi-reaksinya, aldehid dan keton, asam karboksilat dan turunannya, reaksi substitusi alfa-karbonil, reaksi kondensasi karbonil, karbohidrat, asam amino, protein dan lemak serta asam nukleat. Sedangkan praktikumnya membicarakan mengenai sintesis senyawa-senyawa organik, pemisahan dan pemurnian hasil sintesis melalui rekristalisasi, reaksi kondensasi karbonil, dan perhitungan randemen.
Mata kuliah analisis obat, makanan dan kosmetika merupakan analisis obat (antibiotik, analgesik, antipiretik, vitamin, hormon, obat syaraf) analisis makanan (karnohidrat, protein, lemak, bahan aditif) analisis kosmetika (tabir surya, pelembab, pewarna dan pemutih) analisis produk bioteknologi (analisis vaksin, genetically modified organism and drug-protein)
Mata kuliah ini adalah sebagai pengantar pengetahuan tentang dunia farmasi yang mengajarkan mahasiswa
tentang keilmuan farmasi yang meliputi sejarah hingga perkembangan dunia kefarmasiaan
saat ini, konsep
obat meliputi, bahan obat, penggolongan obat, rute penggunaan obat dan
struktur harga obat. Mahasiswa juga diperkenalkan tentang organisasi profesi, serta diberi pengetahuan
tentangpekerjaan kefarmasian di fasilitas pelayanan kesehatan,serta jalur distribusi obat dari obat
dibuat hingga obat sampai ke tangan pasien atau masyarakat.
Matakuliah formulasi dan teknologi sediaan solida berisi
tentang konsep sediaan padat dan parameter-parameter dalam preformulasi maupun
formulasi sediaan tablet, komponen zat aktif dan eksipient dalam sediaan padat,
proses pencampuran, macam-macam metode granulasi dan evaluasinya, waktu hancur,
keseragaman kandungan dan friabilitas, disolusi sediaan padat, tablet salut,
tablet matriks dan tablet lepas terkendali.
Matakuliah Farmasi
Físika berisi pokok-pokok bahasan konsep dasar sifat fisikokimia molekul obat,
kinetika,dan orde reaksi, kelarutan dan faktor yang mempengaruhinya, difusi dan
disolusi, stabilitas (fungsi dan cara penentuannya), pengertian tentang
fenomena antar permukaan dan penentuan tegangan permukaan, sistem dispersi
(koloid, emulsi, dispersi padat), pengertian rheologi dan viskositas serta
hubungannya dalam farmasi, mikromeritik, sifat-sifat fisika senyawa berbentuk
serbuk.
Mata kuliah ini membahas
tentang filsafat ilmu, konsep penelitian, perkembangan penelitian farmakoogi,
proses penelitian, dimensi penelitian, prosedur pemilihan uji hipotesis,
statistika deskriptif, uji hipotesis komparatif, uji hipotesis variable
kategorikal, uji korelasi, proposal penelitian, etika penelitian, dan penulisan
hasil penelitian.
Mata Kuliah Farmakoekonomi membahas tentang evaluasi perilaku atau kesejahteraan individu, perusahaan dan pasar terkait dengan penggunaan produk obat, pelayanan dan program yang difokuskan pada biaya (input) dan konsekuensi (outcome) dan penggunaannya
Mata
kuliah Manajemen Farmasi berisi pembahasan tentang teori dasar manajemen,
standar operasional prosedur, manajemen atau tata kelola Apotek, membuat arus
kas atau keuangan, manajemen atau tata kelola sediaan farmasi di Rumah Sakit
dan Puskesmas, manajemen farmasi di Industri, dan Pedagang Besar Farmasi.
Mata kuliah ini
membahas tentang teori formulasi yang meliputi: formula, metode, proses,
peralatan dan pengemas; dan kontrol kualitas sediaan-sediaan non solid yang
terdiri atas sediaan liquid (suspensi, emulsi, dan larutan per oral) dan
sediaan semi solid (salep, krim, gel, pasta, dan suppositoria). Definisi, keuntungan, kerugian, formulasi, kontrol kualitas sediaan
Mata kuliah sistem penghantaran obat (SPO) berisi
tentang perbedaan SPO dengan sediaan konvensional, pengaruh biofarmasetik
terhadap SPO, teori transfer massa, SPO pelepasan termodifikasi, transdermal,
liposome, orally disintegrating tablet, salut enteric, mikropartikulat,
prodrug, penghantaran nanopartikel, peptide & protein, serta SPO rute
pulmonary dan nasal.
Mata kuliah ini membahas tentang analisis kuantitatif untuk penentuan kadar senyawa farmasi
berdasarkan sifat kimia,
fisika, dan fisikokimia dari senyawa tersebut melalui metode gravimetri, kromatografi (kromatografi gas, kromatografi cair kinerja tinggi, KLT densitometri), spektrofotometri (UV Visible, Spektrofotometri Serapan Atom)
dan analisis elektrokimia.
Mata Kuliah Biologi Sel
di desain untuk mengantar mahasiswa memahami pokok-pokok bahasan tentang
sejarah pengembangan teori sel, organisasi sel, dan protein. Dalam matakuliah
ini juga dibahas berbagai macam proses biologi meliputi anabolisme dan katabolisme,
dasar- dasar ekspresi gen, struktur dan fungsi dalam proses rekayasa genetika
serta prinsip-prinsip perekayasaaan produk-produk rekombinan dalam dunia
farmasi.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan
memberikan pengetahuan mengenai kajian perhitungan dosis dalam pelayanan obat
resep, kajian dan solusi permasalahan pada masalah kelengkapan resep kronik.
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa setelah menjadi sarjana farmasi, dapat
memberikan pelayanan kefarmasian yang rasional dan berbasis kepada pasien dengan kondisi
penyakit tidak menular
Mata kuliah Evidence Based
Medicine mempelajari tentang bukti ilmiah yang paling tepat dalam membuat
keputusan pemilihan obat untuk meningkatkan penggunaan obat
yang rasional, aman, dan efisien.
Evidence Based Medicine mengintegrasikan pengalaman klinis dan pertimbangan
klinis kondisi pasien dengan informasi ilmiah dari hasil penelitian yang
sesuai.